Beranda SATKER DIVHUMAS POLRI Mafindo Kendari Kenalkan Website dan Aplikasi Pendeteksi Hoax

Mafindo Kendari Kenalkan Website dan Aplikasi Pendeteksi Hoax

0

Humas.polri.go.id – Mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoax), fitnah, dan hate speech (ujaran kebencian) menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) mengajak masyarakat umum dan khususnya warganet (netizen) untuk mengenal dua situs online (website) yang memiliki fungsi mengklarifikasi berita atau konten yang beredar.

Dua situs yang dimaksud adalah www.cekfakta.com dan www.turnbackhoax.id. Sebagaimana dinyatakan oleh Ibu Jumrana S.Sos, M.Sc, selaku Koordinator Mafindo Kendari saat ditemui di acara Diskusi Publik yang diadakan oleh Polda Sultra di Claro Hotel pada Rabu 20/2/2019.

Selain dua website tersebut, Ibu Jumrana menambahkan, ada aplikasi Hoax Buster Tools yang memiliki fungsi sama seperti dua website tersebut.

“Aplikasi Hoax Buster Tools bisa diunduh di play store. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan alat cek gambar, video, dan berita. Selain itu ada juga menu lapor hoax,” jelas Jumrana.

Pada intinya, semua masyarakat agar lebih meningkatkan daya literasinya dan sadar untuk memeriksa informasi sebelum melakukan share (penyebaran) sehingga suasana pemilu serentak ini bisa lebih damai. Demikian Ibu Jumrana mengakhiri.(Hms Pol).