Beranda Informasi Serta Merta Polda Jambi Tangkap 2 Spesialis Ganjal ATM

Polda Jambi Tangkap 2 Spesialis Ganjal ATM

0

Humas.polri.go.id – JAMBI. Ditreskrimum Polda Jambi berhasil meringkus dua spesialis ganjal ATM lintas provinsi, Ir(41) dan AW(28). Keduanya sudah beraksi di 16 ATM dengan total pencurian mencapai ratusan juta rupiah.

Ir(41) merupakan warga RT 80 Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang. Sedangkan AW(28) warga RT 01 Kelurahan Cikande, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Banten.

Informasi dihimpun, modus tersangka dengan mengelabui korbannya. Dimulai para pelaku keliling mencari ATM dan saat mendapat target, pelaku Ir(41) masuk ke dalam ATM dan setelah itu mengganjal tempat memasukan ATM dan langsung pergi sambil menunggu korbannya.

Tidak sampai disitu, tersangka AW(28) juga menunggu para korban didekat ATM. Ketika korban datang mengambil uang di ATM, kartu korban tidak bisa masuk dan terganjal. Korban yang merasa gelisah kemudian dimanfaatkan tersangka AW(28) dengan bermaksud menolong korban, namun bukannya menolong justru korban tertipu karena menunjukkan nomor pin ke tersangka.

Direskrimum Polda Jambi AKBP Edy Paryadi mengatakan, modus dua tersangka merupakan pemain baru dan sudah banyak korban yang ditipu melalui ganjal ATM ini. “Dari dua tersangka sudah puluhan dengan total TKP sebanyak 16 TKP baik di Jambi maupun di luar daerah Jambi,” katanya.

Masing-masing korban yang tertipu uangnya sangat bervariasi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp55 juta. “Modus ini di saat ATM korban terganjal, tersangka menyuruh korban melapor ke bank. Saat korban pergi tersangka langsung beraksi karena sudah menghafal pin korban setelah itu tersangka mengambil uang korban pakai ATM,” ujarnya (25/2/19).

Edy menambahkan, jika dihitung total uang yang telah diambil dua tersangka dari para korbannya sudah mencapat ratusan juta rupiah. “Kalau totalnya mencapai Rp300 juta dan barang bukti yang disita dari dua tersangka berupa 14 ATM BRI, 2 ATM BCA, 4 buku tabungan rekening BRI, 3 buku tabungan rekening BNI, 1 buku tabungan Mandiri dan satu motor,” katanya.

Edy mengatakan, jika masyarakat merasa sudah pernah tertipu terkait ATM terganjal segera melapor ke pihak berwajib. “Kasus seperti ini, sudah meresahkan masyarakat, jadi kalau ada masyarakat pernah ditipu segera melapor,” tuturnya.