Beranda SATKER DIVHUMAS POLRI Polri Bantu Polisi Diraja Malaysia Ungkap Kasus Korban Mutilasi

Polri Bantu Polisi Diraja Malaysia Ungkap Kasus Korban Mutilasi

0

Humas.polri.go.id – Polri menggelar jumpa pers di Divhumas Polri (14/2) untuk menginformasikan perkembangan penanganan kasus penemuan 2 mayat termutilasi di Sungai Selangor, Malaysia pada tanggal 26 Januari 2019. PDRM Malaysia melalui suratnya ke Kedubes RI Kuala Lumpur meminta bantuan informasi atas identitas korban yang diduga merupakan WNI.

Atas permohonan itulah Polri langsung bergerak dan menemukan identitas korban an. NURYANTO dan AI MUNAWAROH, warga Bandung Jabar, melalui pencocokan sidik jari korban. Setelah pihak KBRI Kuala Lumpur memberikan info identitas korban, selanjutnya pihak PDRM telah menindaklanjuti dengan melakukan penahanan terhadap JV (warga Pakistan), AB (warga Pakistan) dan MH.

SET NCB/INTERPOL Divhubinter Polri, Brigjen Pol Drs. Napoleon Bonaperte, MSi dalam keterangan persnya mengatakan “kita akan membantu penyelidikan yang sepenuhnya dilakukan PDRM Malaysia”.

Sedangkan INAFIS Bareskrim Polri yang diwakili Kombes Pol Drs. Yayat Hidayat membenarkan pencocokan sidik jari yang dikirim PDRM Malaysia dengan data sidik jari korban. Ada 12 kecocokan perbandingan sidik jari korban dengan data yang dimiliki Kepolisian.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Si., M.M. mengatakan pihak Polri membantu PDRM Malaysia untuk menuntaskan penanganan kasus mutilasi yang melibatkan korban warganegara Indonesia.

Saat ini pihak PDRM Malaysia sedang menunggu hasil pencocokan DNA kedua korban dengan adik dari Nuryanto dan ayah kandung Ai Munawarah. Keduanya, adik dari  Nuryanto dan ayah kandung Ai Munawarah sudah tiba di Malaysia pada tanggal 5 Februari 20189 yang lalu untuk diambil sampel DNA. Saat ini Kepolisian setempat sedang menunggu hasil lab pencocokan DNA korban dan DNA keluarga (Hms Pol).