Beranda SATKER DIT POLAIR BAHARKAM POLRI KAPAL POLAIR MABES POLRI BANTU LOGISTIK DI KONAWE

KAPAL POLAIR MABES POLRI BANTU LOGISTIK DI KONAWE

0

Ditpolair Mabes – Banjir bandang yang menerjang Konawe Propinsi Sulawesi Utara, Sabtu (1/6) lalu masih menyisakan sejumlah dampak. Beberapa daerah masih terisolir sehingga bantuan pun sulit didistribusikan. Berdasarkan data BNPB, musibah banjir bandang yang terjadi awal bulan Juni lalu itu mengakibatkan infrastruktur jalan di beberapa daerah rusak parah sehingga proses pengiriman dan pendistribusikan bantuan sangat sulit dilakukan.

KP. TEKUKUR – 5010 Ditpolair Korpolairud yang bertugas BKO Polda Sulawesi Tenggara saat ini (16/6) tengah berada di Pelabuhan Molawe Kabupaten Konawe Utara. Keberadaan kapal dari Ditpolair Mabes Polri tersebut adalah dalam rangka mendukung kegiatan pertolongan dan penyelamatan (SAR) terhadap korban banjir bandang yang telah dilakukan oleh Ditpolairud Polda Sultra dan Pemda setempat.

“Kami telah berkoordinasi dengan Ditpolair Polda Sultra, Bupati Konawe Utara dan dari pihak BNPB. Jadi kita putuskan bantuan bencana ini akan kita angkut dan distribusikan melalui jalur laut, kita lihat bahwa banjir bandang yang terjadi kemarin itu mengakibatkan akses jalan darat di beberapa tempat terputus, sehingga salah satu alternatif yang mungkin ditempuh untuk mencapai daerah terdampak musibah salah satunya adalah melalui jalur laut”, demikian AKP. Ferdinan Manurung, SST Komandan KP. Tekukur menjelaskan.

Pantauan Humas Ditpolair Mabes, KP. Tekukur tengah mengangkut beberapa bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat antara lain 15 ton beras, mie instan 3000 dus dan 3000 dus air mineral.

Bupati Konawe Utara Ir. Ruksamin mengaku sangat terbantu dengan keberadaan Kapal Polair Mabes Polri, pihaknya optimis dengan keberadaan kapal dan personel Polair tersebut dapat memberikan solusi pemecahan berbagai masalah yang muncul pasca musibah banjir bandang di wilayahnya itu.

Dirpolair Korpolairud Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum ditemui terpisah menjelaskan bahwa pola penugasan Kapal Patroli Ditpolair Mabes Polri dengan sistem BKO Polda diharapkan dapat memberikan solusi terhadap beberapa permasalahan terutama musibah dan bencana di daerah setempat secara cepat dan tepat.

“Terkait musibah banjir di Konawe, saya telah perintahkan kepada KP. Tekukur supaya tidak hanya mengangkut bahan bantuan saja. Personel (ABK) kapal, saya minta turun langsung memback up Polda Sultra membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Saya yakin dengan sinergitas kerjasama yang baik dari seluruh unsur di sana, baik dari personel kapal kita di sana, dari Ditpolair Polda, Polres, Pemda, TNI, BNPB serta Basarnas maka dampak dari musibah banjir tersebut dapat diminimalisir”, ujarnya.

Pantauan Humas Ditpolair KP. Tekukur telah bertolak dari Pelabuhan Konawe pukul 06.30 Wita. Kegiatan berlangsung aman dan lancar.