[language-switcher]
Beranda  Berita

Jelang Pelantikan Presiden, Polri Antisipasi Setiap Ancaman

Jakarta – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang, Polri menegaskan telah menyiapkan segala upaya rekayasa pengamanan. Termasuk, mengantisipasi ancaman-ancaman yang bersifat kontijensi.

“Tentunya Polda Metro Jaya sudah melakukan rapat yang dilibatkan TNI dan Polri terkait penyelenggaraan rencana pengamanan rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2019. Tentunya aparat kepolisian bekerja sama dengan TNI sudah melakukan maping, cara bertindak situasi yang sifatnya kontijensi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (11/10/2019).

Brigjen Dedi mejelaskan pola pengamanan dibagi menjadi beberapa ring. Sebab, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar di Istana Negara Jakarta.

“Untuk pola pengamanan yang utama yaitu istana menjadi obyek utama karena istana menjadi digunakan seluruh proses pelantikan presiden dan sakil presiden terpilih,” jelasnya.

Untuk ring pertama di dalam gedung Istana, pengamanan diserahkan kewenangannya oleh Paspampres. Untuk ring dua, TNI-Polri dilibatkan untuk pengamanan di gedung istana.

“Kemudian di ring tiga adalah halaman istana dan mensterilisasi seluruh kendaraan yang masuk ke istana serta jalur-jalur yang digunakan pak Jokowi,” terang Brigjen Dedi.

Mantan Wakapolda Kalteng ini menambahkan, ancaman-ancaman seperti terorisme menjadi perhatian Polri. Selaim itu, ancaman-ancaman bersifat kecil juga tak luput dari pengamanan TNI-Polri.

“Tentunya terkait ancaman terorisme, itu dari Densus 88 dan Polda Metro Jaya sudah melakukan upaya maksimal untuk melakukan pencegahan agar serangan-serangan tersebut tidak terjadi. Potensi gangguan itu memiliki dinamika yang berbeda, tahun lalu dan sekarang. Kita sama-sama mencoba mendinginkan situasi supaya pada saat acara berjalan dengan aman,” ungkapnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Teluk Bayur Patroli Kamtibmas di Pasar Sanggam Adji Dilayas
Sinergitas Polsek, Koramil dan KPHP Kendala Patroli Gabungan Perlindungan, Dan Pengamanan Hutan
Cegah Berita Hoax, Polsek Bontang Barat pasang Spanduk Himbauan Kapolres Bontang
Sat Polairud Giatkan Patroli Dialogis di Kawasan Pesisir
Bhabinkamtibmas Labanan Jaya Ikuti Kegiatan Verifikasi Lomba BBGRM dan LPM di Kampung Tumbit Melayu
Sat Resnarkoba Polres Berau Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Jenis Sabu
Lihat Semua
WordPress Lightbox