DIVHUMAS, FOKUS

Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Polri Gelar Operasi Lilin

Jakarta – Jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2020, Polri akan menggelar operasi lilin 2019. Operasi lilin ini akan melibatkan satuan dari Polsek, Polres Polda hingga Mabes Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan operasi lilin 2019 akan digelar untuk menjamin keamanan masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Mabes Polri nanti akan mengadakan operasi lilin 2019, tentunya ini masih di rencanakan nanti biasanya H-7 pelaksanaannya, nanti kita akan mendapatkan dari tim intelijen seperti apa kegiatan akhir tahun ini,” kata Brigjen Argo Yuwono, Senin (2/12/2019).

Brigjen Argo mengatakan nantinya tim intelejen akan memonitoring untuk merencanakan pengamanan. Salah satu prioritas pengamanan adalah soal lalu lintas.

“Jadi dengan adanya laporan tim intelejen yang kita dapatkan, nanti dari ASOPS Kapolri akan merencanakan pengamanannya, merencanakan berapa personil yang dilibatkan, yaitu melalui tingkat Mabes Polri sampai tingkat daerah bagian nanti Polda-polda yang diprioritaskan, ada nama Polda yang diprioritaskan dan jadi pertimbangan seperti untuk yang dikedepankan masalah lalu lintas,” ucapnya.

Operasi lilin 2019 ini dalam kendali Mabes Polri. Operasi ini khususnya untuk mencegah kejahatan seperti pencurian berat, pencurian sepeda motor dan peredaran narkoba.

“Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat ada beberapa kegiatan rutin ditingkatkan kepada sasaran bermacam-macam ada yang curat, curas tentunya ada sasaran narkoba juga yang sedang kita laksanakan,” tuturnya.

“Jadi ada beberapa kegiatan untuk mencegah terjadinya kegiatan kegiatan Natal dan tahun baru,” sambung dia.

Polri, kata Brigjen Argo juga menggandeng stakholder terkait seperti Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah. Brigjen Argo berharap operasi lilin 2019 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Nanti semua Polda akan melaporkan semua Polda mengidentifikasi melaporkan giat, tentunya kita berharap bahwa kegiatan ini kita mengharapkan bisa berjalan dengan lancar, aman dan tidak terjadi dari apapun. Tentunya nantikan akan kita koordinasikan semuanya kita ada Dishub, Pemprov, kita belum ada rapat bersama dengan stakeholder tersebut,” jelasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of