[language-switcher]
Beranda  Berita

“KP. KEDIDI – 3015 DITPOLAIR KORPOLAIRUD BERHASIL TANGKAP KAPAL PENYELUNDUP BARANG BEKAS DI PERAIRAN SUNGAI SIAK RIAU”

Patroli rutin yang ditingkatkan terus dilakukan oleh jajaran Direktorat Kepolisian Perairan Korpolairud Baharkam Polri di seluruh wilayah perairan Indonesia. Patroli perairan dengan menggunakan peralatan utama yang dimiliki adalah merupakan upaya preventif mencegah terjadinya tindak pidana serta mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif.

Menindaklanjuti Laporan Informasi Nomor : R/LI-78/XII/2019/Intelair perihal tindak pidana perdagangan dan/atau kepabeanan Balpres kain bekas dan sepatu bekas, di sekitar Perairan Sungai Siak, Tim gabungan Subdit Intel Perairan dan KP. Kedidi – 3015 Ditpolair Korpolairud yang tengah bertugas BKO Polda Riau pada Minggu (08/12) sekira pukul 10.00 Wib posisi koordinat 01’00’431″U – 102’43’196″S Perairan Sungai Siak, telah melakukan pemeriksaan dan penangkapan terhadap KM. Asean Jaya 1 GT 34.

IMG 20191209 WA0032

“Benar, bahwa kita telah mengamankan KM. Asean Jaya 1. Kapal tersebut kami amankan karena dari hasil pemeriksaan kita temukan muatan barang bekas atau sering disebut Balpres berbagai macam jenis”, ujar Ipda. Rizky Hidayah Harahap, S.Tr.K Komandan KP. Kedidi.

Rizky menerangkan bahwa pada saat akan dilakukan pemeriksaan KM. Asean tidak mau menghentikan kapalnya, dan melalui pengejaran yang juga melibatkan rubber boat KP. Kedidi, Kapal yang terus berusaha menghindari pengejaran tersebut berhasil dihentikan. Selanjutnya dilaksanakan peran pemeriksaan dan penggeledahan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap dokumen, ABK kapal, dan muatan kapal tersebut. Dalam pemeriksaan didapati kapal tengah membawa muatan barang bekas pakai atau sering disebut Balpres tanpa dokumen.

IMG 20191209 WA0033

“Sementara ini kita baru mengamankan tersangka A.n. Sukron, 32 tahun selaku Nakhoda kapal dan tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lain, kita sedang dalami dan lakukan pengembangan. Sedangkan barang Bukti yang berhasil kita amankan antara lain KM. Asean Jaya 1, dokumen kapal dan muatan kapal berupa barang kelontong terdiri dari Balpres kain bekas 250 bal, sepatu bekas 350 karung serta 1 box besar berisi spare part”, lanjutnya.

Berdasarkan fakta awal tersebut maka kepada tersangka akan diterapkan Pasal 104 jo 109, 110, 111, 112 ayat 2 jo Pasal 113 UU No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan/atau Pasal 102 UU RI No. 17 tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No. 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan.

IMG 20191209 WA0035

Atas dasar dugaan pelanggaran tersebut, Komandan KP. Kedidi kemudian memerintahkan agar Kapal KM. Asean Jaya 1 berikut muatannya dikawal menuju ke Mako Ditpolairud Polda Riau untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Sementara itu Dirpolair Korpolairud Brigjend Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H memberikan apresiasi atas kinerja dan keberhasilan jajarannya di lapangan.
“Keberhasilan KP. Kedidi menggagalkan penyelundupan Balpres ilegal yang kita duga barang – barang itu berasal dari luar negeri (Batu Pahat, Malaysia ) patut kita apresiasi, hal ini adalah merupakan bentuk komitmen Ditpolair Korpolairud dalam menindak tegas sesuai prosedur atas segala bentuk aktifitas ilegal dari dan melalui laut/perairan”, ujar Dirpolair.

IMG 20191209 WA0034

“Menjelang Hari Raya Natal dan pergantian Tahun ini, yang perlu kita antisipasi adalah kecenderungan terjadinya peningkatan jumlah kejadian atau kasus tindak pidana dan pelanggaran di beberapa daerah, pun demikian di wilayah perairan. Tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyelundupkan barang bekas dari luar negeri untuk memperoleh keuntungan yang besar tentu tidak bisa ditolelir lagi. Negara ini jelas telah dirugikan, sehingga itu yang harus kita cegah dan lakukan yaitu dengan penegakan hukum di laut”, tutupnya.

(Humas Ditpolair Mabes)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Polri Kawal Pemudik Sepeda Motor: Zona Penyangga- Pelabuhan
Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Deddy Dores CS Hanya Butuh Satu Menit Untuk Mencuri Motor, Sudah Beraksi di 20 TKP di Palembang
Polres Simalungun Intensifkan Pengawasan SPBU Jelang Mudik Lebaran 1445 H untuk Hindari Kecurangan
Waspada Curanmor Ini Pesan Bhabinkamtibmas Desa Talang Batu Kota Prabumulih
Polsek RKT Amankan kegiatan Di Gereja Pantekosta Di Indonesia
Polsek RKT Amankan Peringatan Jumat Agung Di GPIN Desa Karya Mulya Prabumulih
Bripka Hernawan Bhabinkamtibmas Kel Prabujaya Tingkatan Kegiatan Patroli dan Sambang
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor