DIVHUMAS, FOKUS

Langkah Polri Antisipasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api di Solo

Solo – Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono melakukan peninjauan jalur Trans Jawa jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Salah satu yang ditinjau yakni perlintasan sebidang kereta api di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah.

Irjen Istiono menyebut perlintasan sebidang kereta api ini dilewati 136 kali dalam sehari yang membuat potensi kemacetan panjang bisa terjadi. Istiono mengatakan antisipasi kemacetan di jalur ini sudah diantisipasi.

“Langkah-langkah yang dilakukan Polresta Solo melakukan langkah antisipasi bagaimana mengatur lalin supaya antrean ini dikelola dengan baik,” ujar Irjen Istiono di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/12/2019).

Nantinya, sebanyak 160 personel akan dikerahkan mengatur arus lalu lintas di sekitar perlintasan tersebut. Apabila terdapat antrean panjang, maka polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Kalau begitu arus akan diputar dulu, bila tidak maka akan menyambung ke ruas jalan lainnya. Polres harus sigap titik perempatan dan pertigaan, yang menyambung di area ini akan dilakukan rekayasa,” ucapnya.

Antisipasi menurut Istipno hanya bersifat sementara. Nantinya ia berharap akan dibangun flyover guna mengurai kepadatan. Konstruksi flyover sendiri baru akan dilakukan pada Januari 2020 mendatang.

“Solusi ke depan adalah flyover dan baru dibangun tahun depan bulan Januari mulai konstruksi,” jelasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of