DIVHUMAS

Satgas Peti Tertibkan Penambang-Penambang Liar yang Merusak Lingkungan

 

Adanya penambangan liar disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab banjir. Selain faktor alam seperti curah hujan tinggi di Bogor, ditambah dengan kondisi tanah dan penyerapan air yang kurang baik. Sehubungan dengan faktor-faktor tersebut, pihak kepolisian sedang melakukan penertiban dan identifikasi melalui pembentukan satgas khusus.

Mabes Polri, Polda Jabar dan Polda Banten membentuk Tim PETI untuk melakukan penyelidikan. Hingga saat ini Tim PETI telah menelusuri wilayah Banten serta Bogor, dan mendapatkan 77 titik dengan 49 titik telah teridentifikasi.

Namun pada saat melakukan penyegelan dan pembongkaran rumah disekitar tambang, rata-rata tim tidak menemukan adanya pekerja, sehingga satgas mengalami kesulitan dalam mengumpulkan alat bukti. Tidak ada saksi atau masyarakat yang dapat diinterogasi untuk dimintai keterangan, ungkap BrigjenPol Argo Yuwono, Karo Penmas Divhumas Polri.

Selain kegiatan penegakan hukum, kegiatan preventif juga  terus dilakukan oleh kepolisian, berkoordinasi dengan LHK dan pemerintah daerah terkait dengan melakukan patroli intensif dan skala besar serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang lingkungan hidup. -TL90-

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of