Polda Babel, Uncategorized

Tambang Liar di Bukit Muntai Ditertibkan Polres Bangka Selatan


humas.polri.go.id (Babel) Kaki Bukit Muntai, Desa Keposang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, porak poranda dibabat tambang liar. Padahal kawasan itu merupakan Hutan Produksi.
Mendapati informasi tersebut, Polres Basel melakukan penertiban dan berhasil mengamankan tiga unit mesin tambang liar serta melakukan penindakan hukum terhadap empat pemilik tambang yang kebetulan sedang berada di lokasi, Minggu (12/1/2020) sore.
Setelah pasca penangkapan pemilik tambang tersebut, Kapolres Bangka Selatan AKBP S Ferdinand Suwarji memimpin langsung dalam pengamanan tiga unit mesin di tiga titik tambang ilegal di kaki Bukit Muntai.
“Pemilik tambang ini bernama Aliong yang ditangani Polsek Toboali, selain itu ada nama Sailan, Deni dan Jepri yang ditangani oleh Polres Basel. Keempat pelaku akan ditetapkan tersangka pada hari ini juga satu kali 24 jam, yang terbukti melanggar undang-undang minerba karena sudah beroperasi di wilayah terlarang dari aktivitas pertambangan atau hutan produksi,” tutur AKBP Ferdinan, Senin (13/1/2020).
Menurut Kapolres pada saat di lokasi tambang liar tersebut, dirinya merasa prihatin melihat kondisi alam yang sudah dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
“Jelas itu kawasan hutan produksi, apalagi posisinya tepat di kaki Bukit Muntai, kalau dibiarkan akan berdampak kepada masyarakat luas, bisa jadi bencana longsor dan banjir di sini,” tuturnya.
Selain penegakan hukum, lanjut Kapolres, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait penghijauan kembali lahan eks tambang liar.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of