[language-switcher]
Beranda  Berita

Pemkab Bangka Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Daerah


humas.polri.go.id (Babel) Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar Kegiatan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Daerah, pada Rabu (15/01/2020) pagi, di Ruang Operasional Room Bangka Setara.

Kegiatan dihadiri Bupati Bangka, Mulkan, BPBD Provinsi Bangka Belitung, BMKG Pangkalpinang, Kepala OPD di Pemkab Bangka, Basarnas, Kapolres Bangka diwakili oleh Kabag Ops Polres Bangka, Kasat Intelkam Polres Bangka, Kasat Pol Air Polres Bangka, Dankipan B / Yonif 141 AYJP Sungailiat, Danki Brimob, Kepala RRI Bangka, Lurah se-Kab. Bangka, Ketua DPD KNPI Bangka, Ketua FKPM Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta rapat yang telah hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka.

“Ini sebagai bentuk sinergitas dalam rangka menjalin tali silaturahmi, dan bekerjasama dalam mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Bangka,” kata Bupati Bangka Mulkan.

Kepala BPBD Provinsi Babel dalam sambutannya menyatakan, dalam kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka, diharapkan TNI / Polri termasuk aparat desa dilibatkan dalam komponen BPBD.

Kapolres Bangka melalui Kabag Ops Kompol Fatsal Fatsey menyarankan, bahwa Sekda Bangka tetap menjadi ketua. Kabag Ops juga menyarankan agar Kapolres Bangka juga dimasukan ke dalam Surat Keputusan (SK) Tim Terpadu Penanggulangan Bencana.

“Perlu diadakannya kegiatan apel gelar pasukan dan simulasi penanggulangan bencana, untuk kesiapan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Bangka,” ujar Kompol Faisal Fatsey.

Dankipan B / Yonif 141 AYJP Sungailiat menyampaikan, bahwa penanggungjawab dari struktur organisasi merupakan Bupati Bangka, Kapolres Bangka, dan juga Dandim, diharapkan perlu adanya peralatan yang diutamakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

Menurut Kepala BMKG Pangkalpinang, bahwa perlunya diadakan jadwal pendidikan penanggulangan bencana kepada masyarakat, terkait ciri-ciri awan apabila terjadi bencana angin Puting Beliung, serta bencana lainnya dan diharapkan kedepannya bisa terlaksananya koordinasi antara BPBD Kabupaten Bangka, terkait penguatan sistem pemantau bencana alam Gempa Bumi.

Kepala RRI Bangka menyampaikan, bahwa dalam hal ini RRI bergerak pada saat sebelum dan sesudah terjadinya bencana alam serta mengharapkan adanya info update peringatan cuaca terkini.

Sementara Ketua FKPM Bangka, menyampaikan bahwa dalam hal ini kita harus mengetahui kebutuhan pokok apa saja yang dibutuhkan masyarakat saat terjadinya bencana banjir serta bagaimana mengatasi situasi sarana dan prasarana setelah terjadinya banjir.

Kepala Dinas Pangan dan Logistik menyampaikan, bahwa dalam hal ini Koordinator Bidang Logistik sebaiknya diganti dengan Dinas Sosial, dikarenakan Dinas Sosial mempunyai peralatan yang lengkap dalam penanggulangan bencana.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka menyampaikan, bahwa dalam mengatasi masalah jika terjadi bencana yang mengakibatkan kerugian pada tempat tinggal masyarakat yang menjadi koordinator adalah Dinas PUPR Kabupaten Bangka.

Kegiatan berakhir sekira pukul 11.00 WIB, berjalan aman dan kondusif dengan monitoring oleh Satuan Intelkam Polres Bangka.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

4.266 Personel Gabungan Amankan KPU Jelang Penetapan Hasil Pilpres 2024
Meningkatkan Kemampuan SDM Polri, Kadivhubinter Buka Pelatihan Digital Forensik Siber
As SDM Kapolri bersama dengan Kapolda Kalimantan Barat me Launching Tim Bola Voli Jakarta Bhayangkara Presisi dan POPSIVO Polwan!
Kapolda Bengkulu Turun Langsung Salurkan Bantuan Pada Warga Terdampak Banjir di Lebong
Praktek Uji Kompetensi Penyidik Laka Lantas, Inspektur: Terus Berlatih dan Jangan Berpuas Diri
Dewan Pers Apresiasi Kinerja Divhumas Polri yang Memudahkan Jurnalis Peroleh Informasi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Papar Patroli Obyek Vital Sambang di Minimarket 
Mahasiswa Unjuk Rasa di Kejatisu Tuntut Pemeriksaan Pejabat atas Dugaan Korupsi
Unit Sat Samapta Lakukan Pendekatan Patroli Dialogis, Wujudkan Situasi Aman Kamtibmas
Polsek Talegong Polres Garut Olah Tkp Penemuan Mayat Gantung Diri
Anggota jaga Polsek Jalaksana mengajak masyarakat Menjaga keamanan dan Kondusifitas dalam pelaksanaan Patroli Dialogis
Himbauan Antisipasi Penyakit SE (Septicaemia Epizootica) pada Hewan Ternak di Desa Bukit Batu
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor