Polda Kalsel, Uncategorized

Kapolda Kalsel : Satpam Berperan Penting Dukung Polri Menjaga Kamtibmas

Kiprah satuan pengamanan (Satpam) memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Satpam dituntut terus memperbaiki diri sehingga perannya lebih optimal.

Demikian disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. saat menyampaikan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. pada upacara HUT ke-39 Satpam di Lapangan Mapolda Kalsel, Rabu (22/1/2020) pukul 08.00 wita.

Peringatan HUT Satpam dengan tema ”Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju” ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana instropeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan.

Menurut Kapolda, tema tersebut selaras dengan Kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta Program Prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas.

“Melalui perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan tugas, kita berharap peran Satpam sebagai Mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal di masa mendatang,” kata Kapolda Kalsel membacakan sambutan Kapolri.

Dia mengatakan secara historis sebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri keluarga maupun harta benda dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa.

“Dalam hal ini Kapolri menetapkan kebijakan prioritas sebagai salah satu program yaitu membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, anggota Satpam memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha,” kata Kapolda.

Di momentum HUT Satpam tersebut, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. memberikan Piagam Penghargaan kepada Anggota Satpam Teladan atas dedikasi tinggi dalam membantu tugas Polri.

Mereka yang mendapat penghargaan, yakni Agus Yulianto (PT. PLN unit Induk Wilayah Kalselteng), Irsa Setiawan Husaini (PT. RS Ulin Banjarmasin), Bagus Kurniawan (PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK), Burhan (Bank Kalsel Cabang Marabahan), dan Rianor Buatsyah (Bank Kalsel Cabang Martapura).

Pada kesempatan yang sama Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.didampingi Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Tata Suwarta, MH., dan Ketua Abu Japi Bapak Supriyanto juga menyerahkan trofi kepada Pemenang Lomba Kemampuan Tongkat dan Borgol serta Beladiri Praktis antar Polres diwilkum Polda Kalsel yakni Terbaik Satu dari Polres Banjar, Terbaik Dua dari Polres Tanah Bumbu, Terbaik Tiga dari Polres Tabalong dan Terbaik Empatdari Tim Polres Balangan.

Selain itu dilaksanakan juga penyerahan tropi kepada Pemenang Lomba Danton oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si. didampingi AKBP Sawitri selaku Ketua Panitia kepada Terbaik Pertama dari Polres Tala atas nama Ratno, Terbaik Kedua dari Polresta Banjarmasin atas nama Taufik Hidayat, dan Terbaik Ketiga dari Polres Tabalong atas nama Romi.

Related Posts

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of