Polda Sulteng

Upaya Evakuasi Sebuah Kapal Tenggelam Di Perairan Banggai Laut Oleh Tim SAR Gabungan

Polda Sulawesi Tengah – Sebuah kapal KM. RISFIN PRATAMA SAKTI di informasikan tenggelam diperairan Pulau Kanau Kec. Banggai Selatan Kab. Banggai Laut yang diakibatkan kerusakan pada bagian mesin kapal, Selasa (21/01/2020) sekitar pukul 11.00 Wita.

Kapal KM. RISFIN PRATAMA SAKTI (GT 35) merupakan kapal bermuatan hasil bumi berupa cengkeh, jambu mente dan kopra, jumlah ABK (anak buah kapal) 8 orang dan penumpang sebanyak 6 orang, kapal tersebut bertolak dari perairan Taliabo (Lede) Prov. Maluku Utara dengan tujuan Luwuk Kab. Banggai Prov. Sulteng.

Berdasarkan laporan tersebut pesonil Ditpolairud polda Sulteng Pos Polair Banggai Laut langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu Syahbandar Banggai  Laut, KPPP, BPBD dan TNI (koramil) serta Satpolair Polres Bangkep untuk menuju lokasi. Selain itu, personil Pos Polair Luwuk juga melalukan koordinasi dengan pihak Basarnas (KN. Sar Bishma 239) dan Tim Rescue Pos Sar Luwuk yang kemudian turut melakukan pencarian di lokasi kejadian.

Setelah dilakukan penyisiran selama kurang lebih 2 jam dan dengan memperluas wilayah hingga 10 mil dari Pulau Kanau (lokasi), akhirnya upaya Tim SAR gabungan membuahkan hasil dengan menemukan ke 14 korban dalam keadaan selamat. Saat ini para korban dibawa ke daratan terdekat yaitu Pelabuhan Matanga Kec. Banggai Selatan untuk mendapatkan pertolongan medis.

Bripka Bakhtiar selaku Komandan Pos Polair Banggai Laut membenarkan hal tersebut “ke 14 korban sudah kami temukan di perairan Matanga dalam kondisi terapung dan alhamdulilah semua dalam keadaan selamat, saat ini meraka kami bawa ke Pelabuhan terdekat di Matanga untuk dapat dilakukan pertolongan medis” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *