[language-switcher]
Beranda  Berita

Ungkap Penyelundupan Vanili Dari PNG, Bea Cukai Gelar Pres Release Bersama Instansi Terkait

WhatsApp Image 2020 01 26 at 15.14.40

Jayapura Kota – Kantor pengawasan dan layanan Bea Cukai Jayapura berhasil mengamankan lima warga negara asing asal Papua New Guinea yakni LA (20), AK (32), LA (54), FR (54) dan AM (45) lantaran menyeludupkan puluhan kilo vanilli ke Indonesia, beberapa waktu lalu.

Selain mengamankan 46 kg vanilli bernilai puluhan juta rupiah, Bea Cukai pun menemukan enam paket ganja kering siap edar dari tangan kelima pelaku.

Kepala kantor wilayah Bea Cukai Papua dan Papua Barat, Ahmad Rofiq saat didampingi Wakapolresta Kompol Heru Hidayanto, S.Sos bersama pimpinan instansi Terkait dalam press releasenya menjelaskan penangkapan Ke lima WNA asal PNG berawal dari informasi masyarakat yang diterima.

“Kami menindaklanjuti laporan dari warga, setelah mendatangi lokasi di seputaran Hamadi, kami temuan para pelaku sedang melakukan transaksi jual beli vanilla, sehingga kami langsung amankan barang bukti beserta para pelaku,” ucapnya.

Ia pun menjelaskan, dari hasil pemeriksaan diketahui vanilli tersebut dibawa dari Papua New Guinea tanpa di lengkapi surat resmi alias ilegal.

“Dugaan sementara mereka sudah lebih dari satu kali melakukan penyeludupan vanilli dari PNG. Selain lima WNA kami pun mengamankan calon pembeli dan pemilik rumah yang dijadikan tempat singgah barang bukti,” cetusnya.

Bahkan Kata Rofiq, kasus penyeludupan ini pihaknya telah berkoordinasi dengan dengan Kepolisian dan karantina mengingat dari tangan pelaku ditemukan ganja kering.

” Kami sudah bangun komunikasi dengan instansi terkait baik kepolisian untuk diproses lebih lanjut, mengingat anggota kami temukan narkotika jenis ganja,” terang Rofiq.

Sementara itu pengawasan terkait barang ilegal yang masuk maupun keluar mengingat Papua berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG, Rafiq menjelaskan merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak.

“Pengawasan wilayah perbatasan tidak segampang yang dipikirkan. Oleh karena itu sinergitas sangat lah dibutuhkan, dan sejauh ini sudah kami lakukan bersama seluruh stekholder terkait baik TNI-POLRI,” ucapnya.

Sementara itu Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos menjelaskan terkait pengawasan sendiri di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota, pihaknya telah bekerja maksimal termaksud membangun komunikasi dengan seluruh komponen yang ada baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

“Kalau berbicara penyeludupan wilayah kami cukup rawan dan sudah kami petakan daerah rawan itu sendiri  baik di laut maupun darat. Kami dari Polresta juga sudah membangun komunikasi denga rekan kami di TNI AL termasuk kami sudah sering melakukan himbauan kepada masyarakat,” bebernya.

Kompol Heru Hidayanto pun berharap dalam pengawasan ini pihaknya beserta instansi terkait tidak dapat bekerja sendiri, tanpa ada peran serta dari masyarakat.

“Masyarakat adalah unjuk tombak, apalagi penyeludupan ganja paling rawan. Oleh karena itu Polresta sering kali melakukan upaya pendekatan humanis kepada masyarakat agar terjalinnya hubungan yang baik sehingga informasi yang ada bisa diterima ataupun di sampaikan kepada kami sebagai penegak hukum,” bebernya.

Hal serupa juga diungkapkan Kasi Intel Angkatan laut Kolonel Laut Ginting, ia menjelaskan pengawasan di laut tidak segampang seperti di darat mengingat wilayah perairan di perbatasan cukup luas.

“Kami tidak dapat bekerja mengawasi laut setiap saat walaupun itu tugas kami, yang jelas kami tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari Masyarakat, mengingat masyarakat adalah unjuk tombak,” bebernya.

(Humip)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
7 Korban Kebakaran Mampang Telah Dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati
Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
2.713 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Monas Hari Ini
Pusat Keuangan Polri Gelar FGD Bahas Penetapan Hari Jadi
Puslitbang Polri Gelar Rakernis 2024: Perkuat Fungsi Litbang untuk Transformasi Ekonomi Nasional
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Hadir di Tengah Masyarakat, Sat Samapta Polres Aru Laksanakan Patroli Malam Hari Cegah Gangguan Kamtibmas.
Wujud Keterbukaan, Polres Trenggalek Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Polri Tahun 2024
Asyik Pesta Ganja dan Sabu-Sabu, Enam Lelaki Dibekuk Satuan Resnarkoba Polres Pasaman Barat
Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
Dokkes Polres Lumajang Cek Kesehatan Petugas Penanganan Longsor
Dirlantas Sebut Sejumlah Kebijakan Kapolda Jateng Mampu Turunkan Jumlah Laka Lantas Selama Ops Ketupat Candi 2024
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor