[language-switcher]
Beranda  Berita

Pelangi di Polres Tabanan Polda Bali Perayaan Imlek 2020 ditandai Perang Air

Polda Bali- Polres Tabanan, Wujud kerukunan dan toleransi antar Umat beragama, Polres Tabanan yang anggotanya menganut kepercayaan dan agama yang berbeda, secara bersama-sama memperingati hari raya Imlek, dengan cara unik, lain dari pada yang lain yaitu Perang Air, bertempat dilapangan Apel Polres Tabanan, Jumat, (24/01/2020).

Perang Air dalam rangka memperingati hari raya Imlek tahun 2020 dipimpin Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Tri Waluyo, S.I.K., S.H., Hadir dan ikut dalam acara kegiatan Waka Polres Tabanan Kompol Ni Made Sukerti, SH, para Kabag, para Kapolsek, para Kasat, semua Perwira, Brigadir Polri Polres Tabanan dan Brigadir Polri perwakilan anggota Polsek serta semua ASN Polres Tabanan.

Kegiatan diawali pernyataan dari Kapolres Tabanan, bahwa Imlek tahun 2020, atau Tahun Baru China merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Peringatan tahun Baru China atau sering disebut Imlek, tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020. Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa, perayaannya dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa, dan berakhir dengan cap gomeh pada tanggal ke-15 malam tahun baru, imlek dikenal sebagai Chuxi, yang berarti ” Malam Pergantian Tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kerukunan antar Umat beragama, kita memperingati hari raya Imlek dengan cara yang unik dan lain dari pada yang lain, dan saya yakin hanya Polres Tabanan yang melaksanakan perayaan seperti ini, ujar Kapolres.

Setelah Kapolres Tabanan menyampaikan pernyataan sebagai pembuka Acara, selanjutnya Jero Mangku memercikan air suci ( Tirta penglukatan ) sebagai wujud pembersihan untuk penyucian diri, selanjutnya Kapolres Tabanan memberi komando meneriakan yel-yel Air dijawab “ Air….Air….Air…. anggata yang telah siap berhadap hadapan melakukan perang dengan cara saling siram, saling lempar dengan Air, saat perang Air kemudian siremprot Mobil Water Canon ( hujan lebat ) hingga semuanya anggota basah kuyup, serta Muncul Pelangi diatas Polres .

Setelah perang Air selesai, pada kesempatan tersebut Kapolres Tabanan menyampaikan arahan dan pencerahan tentang Filisofi Air, dengan mengutip ayat-ayat Agama bahwa Air berasal dari Langit yang diturunkan melalui hujan, Air adalah sumber kemakmuran, merupakan sumber kehidupan,

Perilaku Air yang selalu mengalir ketempat yang rendah sebagai analog sipat rendah hati pada manusia, maka tidak salah Air dinalogikan sebagai pemimpin yang melayani, sumber kesejahteraan bagi yang dipimpinnya, Air selalu mengisi ruang kosong, dengan meniru sipat-sipat air, kita diharapkan mengisi kekosongan dalam artian dapat saling membantu. Tegas Kapolres.

 

IMG 20200124 WA0069IMG 20200124 WA0074IMG 20200124 WA0065IMG 20200124 WA0071IMG 20200124 WA0063IMG 20200124 WA0062

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Jelang Ops Amole 2024, SSDM Polri Beri Bekal Psikologis ke Korps Brimob
Korlantas Polri Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kasiwas Intensifkan Pengawasan Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A. 2024 di Polres Sikka
Tes Kes Jas Periodik I Tahun 2024 Polres Oku
Tes Kes Jas Periodik I Tahun 2024 Polres Oku
Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan sambang di Kel.Sanipah
Kunjungi Warga Binaan Bhabinkamtibmas Berikan Himbauan Kamtibmas
Himbauan dan pesan-pesan kamtibmas oleh bhabinkamtibmas Desa Sanggulan dan Desa Tanjung Harapan Polsek Sebulu
Anggota Bhabinkamtibmas Sambang Rutin Anggota Bhabinkamtibmas Sambang Rutin dengan warga di wilayah Desa Binaannya masing-masing
Lihat Semua
WordPress Lightbox