[language-switcher]
Beranda  Berita

Kompol Ridwan Peloporkan Bertanam Kopi Gayo Secara Organik di Aceh Tengah

Takengon – Biji kopi Organik, siapa yang tidak kenal dengan Kopi? Kopi berasal dari bahasa arab Cafwan atau kekuatan (sumber You tobe), mungkin semua kalangan mengenal yang namanya Kopi, tanaman yang sudah turun temurun dari Nenek moyang kita, sehingga ada juga yang tidak bisa berfikir atau bekerja sehari hari sebelum meminum segelas kopi, begitulah jika seseorang sudah kecanduan dengan kopi, tapi ingat Kopi itu bukan candu, hanya saja mereka yang sudah merasai kenikmatan minum kopi,pasti merasa lebih ber energik bila sudah meminum secangkir kopi.
Biji Kopi Gayo memang bukan biji kopi sembarangan sebab Biji kopi Gayo termasuk dari 7 negara penghasil kopi terbaik di dunia (sumber youtobe) apalagi bila ditanam dengan cara Organik,tidak mengenal bahan kimia,mulai dari penyemaian biji kopi sampai dengan perawatan hingga masa Panen dengan biji yang benar benar matang/merah.

Aceh Tengah adalah salah satu daerah produsen Kopi terbesar didunia saat ini, biji kopi Arabica memang tumbuh dengan suburnya didaerah pegunungan Gayo.
Tapi semakin banyak biji kopi yang diexspor ke negara luar, semakin banyak pula permintaan biji kopi yang benar benar tidak tersentuh oleh bahan kimia (Organik) sebab dengan kecanggihan sebuah peralatan bisa diketahui biji kopi tersebut mengandung bahan bahan kimia atau tidak? juga dengan harga yang menggiurkan, bayangkan saja para pedagang kopi bisa meraup keuntungan yang cukup lumayan hitung punya hitung biji kopi organik bisa dihargai Ratusan ribu rupiah/kg.

Itulah yang membuat Kabagsumda Polres Aceh Tengah ini mempelopori bertanam kopi Gayo secara Organik, hanya dengan lahan seluas 4 rantai dengan 350 batang kopi bisa meraup penghasilan jutaan rupiah setiap minggunya.

Merasa penasaran? Rektor Universitas Gajah putih Takengon Sdr. Nasruddin bersama prodi jurusan pertanian dan sejumlah mahasiswa melakukan Riset dikebun kopi milik Kabagsumda itu, amatan penulis para Mahasiswa yang diharapkan bisa memetik Ilmu dari Pak Polisi,bagaimana sebenarnya Tanaman kopi Gayo organik itu, mereka sibuk menghitung satu demi satu buah biji kopi dari perbatangnya, sebab tanaman kopi Gayo Organik milik pak Ridwan tergolong langka ranting buah mulai dari pucuk sampai ke batang paling bawah pun, semua berisi buah biji kopi, salah seorang petani kopi yg juga hadir disana mengatakan Pohon kopi milik Pak Ridwan sejak dari Bunga hingga sampai buah matang memakan waktu 7 bulan dan lanen buah Seminggu sekali tidak pernah putus,sedangkan pada tanaman kopi kebanyakan petani memakan waktu 9 bulan dan panen 15 hari sekali ,didalam lahan kebun kopi tersedia beberapa drum air yg berisi pupuk organik yang sudah diolah sedemikian rupa dan juga memakai kotoran hewan dan air seninya, dicampur dengan pupuk organik mau tau kelebihan biji kopi Lak Ridwan silahkan berkunjung ke Kp. jongok mulem kebayakan,bila anda memang penghobi tanaman Kopi, dipastikan anda pasti tertarik .

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Sejak Januari 2024, Pori Ungkap 17 Kasus Penyimpangan BBM Oleh SPBU
Sidang Hari Kedua, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
Polri Siapkan 3 Jalur Alternatif Pantura Antisipasi Banjir Demak-Kudus
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Tingkatkan Imbauan Keselamatan Berkendara, Polisi Lakukan Teguran Humanis di Malang
Polres Prabumulih Gelar Nuzulul Qur'an, Buka dan Tarawih Bersama
Polres Padang Lawas Kabag Ops Hasil Yang Di Capai Selama Operasi Keselamatan Toba 2024
Polsek Prabumulih Barat Datangi Lokasi Kebakaran Di Kel Pasar II Kota Prabumulih
Kanit Intelkam Polsek Cambai Pimping Patroli Kring dan Beat
Kapolres Sekadau, Bhabinkamtibmas Harus Open dan Inovatif
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor