[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Sulteng Instruksikan Polri Netral, Inilah Larangannya

Polda Sulawesi Tengah – Tahapan Pemilu Kepala Daerah ataupun Wakil Kepala Daerah serentak di Provinsi  Sulawesi Tengah tahun 2020 telah dimulai, Polri mempunyai tanggung jawab langsung untuk mengamankan suksesnya jalannya Pilkada secara netral, aman dan sejuk.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam menghadapi Pilkada serentak 2020, Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs H Syafril Nursal, SH, MH mengeluarkan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk tetap menjaga netralitas Polri yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/16/I/HUK.10.1/2020 Tanggal 20 Januari 2020.

Adapun instruksi yang dikeluarkan Kapolda Sulteng kepada seluruh jajarannya, diantaranya dilarang menggunakan, memasang, menyuruh orang lain untuk memasang atribut atribut Pemilukada.

Selanjutnya, dilarang foto selfie di medsos dengan gaya mengacungkan jari telunjuk, jari jempol, maupun jari membentuk huruf “V” yang berpotensi digunakan oleh pihak tertentu untuk menuding keberpihakan atau ketidaknetralan Polri.

Kemudian, dilarang menghadiri, menjadi pembicara atau narasumber pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye, pertemuan Politik kecuali melaksanakan pengamanan yang didasari oleh surat perintah tugas.

Yang terakhir, tidak melakukan tindakan yang kontra produktif dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam menjaga dan mengawal berlangsungnya Pemilukada yang aman, sejuk dan sukses.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, SIK menjelaskan bahwa surat telegram Kapolda Sulteng tentang netralitas anggota Polri di Polda Sulteng telah diteruskan dan diterima jajaran, sehingga diharapkan seluruh anggota dapat mempedomani dan melaksanakannya.

“Apabila ditemukan anggota Polri yang melakukan kegiatan Politik praktis atau tidak netral maka akan dilakukan tindakan tegas baik berupa sangsi disiplin maupun kode etik sesuai ketentuan perundang undangan yang berlaku,” tutup mantan Wadir Reskrimum Polda Sulteng itu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Meningkatkan Kemampuan SDM Polri, Kadivhubinter Buka Pelatihan Digital Forensik Siber
As SDM Kapolri bersama dengan Kapolda Kalimantan Barat me Launching Tim Bola Voli Jakarta Bhayangkara Presisi dan POPSIVO Polwan!
Kapolda Bengkulu Turun Langsung Salurkan Bantuan Pada Warga Terdampak Banjir di Lebong
Praktek Uji Kompetensi Penyidik Laka Lantas, Inspektur: Terus Berlatih dan Jangan Berpuas Diri
Dewan Pers Apresiasi Kinerja Divhumas Polri yang Memudahkan Jurnalis Peroleh Informasi
KIP : Keterbukaan Informasi Publik Bisa Mendukung Stabilitas Sektor Kamtibmas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polisi Sosialisasi Saber Pungli di Pangkalan Bunut Pelalawan
Sampaikan Arahan, Kapolres Simalungun Perintahkan Penajaman Target Operasi dan Zero Tolerance Terhadap Keterlibatan Narkoba di Jajaran Resnarkoba
Pasca Keputusan MK, Polisi Teluk Meranti Lakukan Patroli
Satreskrim Polres Pelalawan Berhasil Ringkus Pelaku Pembunuhan Sadis Dengan 17 Luka Tusukan
AKBP Suwinto Awasi Langsung Proses Penerimaan Calon Anggota Polri di Polres Pelalawan
Unit I Sat Reskrim dan Team LabFor Polda Riau Lakukan Olah TKP Kantor DLH Yang Terbakar
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor