Polda Kalsel

Wakapolda Kalsel Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, M.H. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di ICC Sentul City Complex, Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Rakornas yang di selenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulanan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dibuka langsung Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dengan tema, “Bencana Urusan Bersama” yang di hadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Munardo, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. Gubernur, Wakapolda, Bupati, Walikota seluruh Indonesia, Kapolres/Kapolresta yang potensi bencana tinggi dan terdapat Peti, serta Wakapolres/Ta yang potensi bencana rendah di seluruh Indonesia.

Pada pembukaan Rakornas PB 2020 ini Presiden menyampaikan beberapa poin perintah kepada pemerintah pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana.

Diungkapkan, ada 5 pesan Presiden yang disampaikan dalam rapat tersebut, pertama, seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah diminta bersinergi dalam pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Kedua, setiap Gubernur, Bupati dan Walikota diminta segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.

Ketiga, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, pentahelix yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik.

Pesan keempat, Presiden meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

Terakhir, Presiden meminta kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum. Menurut Presiden, pengerahan dan dukungan secara nasional hingga ke tataran daerah yang dapat bersinergi dengan baik bersama pemerintah pusat dan daerah penting diperhatikan.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, M.H. menyampaikan, kehadiran Polda Kalsel dalam acara ini erat kaitannya dengan daerah daerah yang geografisnya rentan akan bencana. Maka dari itu, sudah sangat selayaknya lah ia datang dan menghadiri acara ini.

“Seperti kita ketahui, meskipun Kalsel bukan merupakan wilayah yang geografisnya rawan dan rentan akan musibah tanah longsor dan banjir. Ia sangat antusias sekali untuk datang dan menghadiri acara ini,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, semoga saja dengan hadir mengikuti rapat koordinasi ini, kita dari Polda Kalsel banyak mendapat manfaat dan pengetahuan terkait bagaimana mengatasi bencana, serta mencari solusinya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *