[language-switcher]
Beranda  Berita

Wakapolda Kalsel Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, M.H. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di ICC Sentul City Complex, Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Rakornas yang di selenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulanan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dibuka langsung Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dengan tema, “Bencana Urusan Bersama” yang di hadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Munardo, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. Gubernur, Wakapolda, Bupati, Walikota seluruh Indonesia, Kapolres/Kapolresta yang potensi bencana tinggi dan terdapat Peti, serta Wakapolres/Ta yang potensi bencana rendah di seluruh Indonesia.

Pada pembukaan Rakornas PB 2020 ini Presiden menyampaikan beberapa poin perintah kepada pemerintah pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana.

Diungkapkan, ada 5 pesan Presiden yang disampaikan dalam rapat tersebut, pertama, seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah diminta bersinergi dalam pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

94916477 a6eb 4a6d bedf d00c252aa7b9

Kedua, setiap Gubernur, Bupati dan Walikota diminta segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.

Ketiga, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, pentahelix yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik.

Pesan keempat, Presiden meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

Terakhir, Presiden meminta kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum. Menurut Presiden, pengerahan dan dukungan secara nasional hingga ke tataran daerah yang dapat bersinergi dengan baik bersama pemerintah pusat dan daerah penting diperhatikan.

57505b83 fc2b 4e3a b559 4429f7b27c86

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, M.H. menyampaikan, kehadiran Polda Kalsel dalam acara ini erat kaitannya dengan daerah daerah yang geografisnya rentan akan bencana. Maka dari itu, sudah sangat selayaknya lah ia datang dan menghadiri acara ini.

“Seperti kita ketahui, meskipun Kalsel bukan merupakan wilayah yang geografisnya rawan dan rentan akan musibah tanah longsor dan banjir. Ia sangat antusias sekali untuk datang dan menghadiri acara ini,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, semoga saja dengan hadir mengikuti rapat koordinasi ini, kita dari Polda Kalsel banyak mendapat manfaat dan pengetahuan terkait bagaimana mengatasi bencana, serta mencari solusinya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Asrena Polri Kunjungi Menteri PANRB, Bahas Penguatan Kelembagaan Polri
Apresiasi Kapolri Atas Peran Muhammadiyah dalam Menjaga Kedamaian Selama Proses Pemilu
14 Personel Polri Jalani Latihan Instruktur Misi PBB di Italia
Kakorlantas Cerita Sinergitas Harmonis Kawal Mudik-Balik Lebaran 2024 Lancar dengan Semua Pihak
Kadiv Humas Polri Beri Penghargaan ke 7 Anggota dengan Nilai Sertifikasi Kompetensi Terbaik
4.266 Personel Gabungan Amankan KPU Jelang Penetapan Hasil Pilpres 2024
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Salut, Polisi di Nganjuk Antarkan ODGJ Berobat ke RSJ Menur
Harkamtibmas, Ditpolairud Polda Jatim Gelar Program Sambang Nusa Presisi di Pulau Mandangin Sampang
Personel Polres Simalungun Sukses Amankan Eksekusi Lahan di Karang Sari, Proses Berjalan Kondusif dan Terkendali
Polda Jatim Amankan Dua Tersangka Pemalsu Kontrak Fiktif 11 Miliar Rupiah
Polda Sulut Gagalkan Pengiriman 10 kg Emas Diduga Hasil PETI
Operasi Polres Simalungun Tangkap Pria Bersama Narkotika Dalam Perkebunan Kelapa Sawit
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor