Polda Kalsel, Uncategorized

Kapolda Kalsel Apresiasi Pemberantasan Pungli

Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Mabes Polri melakukan kunjungan kerja ke Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Rabu (5/2/2020) pukul 14.30 Wita.

Kunjungan Tim Saber Pungli yang dipimpin oleh Irjen Pol DR. Drs. Widiyanto Poesoko, M.Si. yang dalam kesempatan ini beraudiensi dengan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. dalam rangka melakukan Supervisi dan Koordinasi di Polda Kalsel.

Dalam pertemuan ini turut dihadiri Ketua Satgas Saber Pungli Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., Dir Reskrimsus Polda Kalsel Kombes Pol Asep Adi Saputra, S.H., S.I.K., M.H., M.Si. dan Irbid I Itwasda Polda Kalsel AKBP Heriyadi.

Irjen Pol DR. Drs. Widiyanto Poesoko, M.Si. menyampaikan, kegiatan yang telah dilakukan oleh Satgas Saber Pungli, baik itu yang berbentuk upaya pencegahan sampai dengan upaya penindakan.

Selain itu, disampaikan bahwa dalam 3 tahun terakhir Satgas Saber Pungli fokus melakukan upaya-upaya pencegahan di sektor pelayanan publik.

“Upaya yang kita lakukan yakni melakukan sosialisasi dan pemantauan langsung pada setiap pelayanan publik,” katanya.

‘Namun tetap melakukan penindakan secara tegas terhadap oknum-oknum yang terbukti melakukan tindakan pungli,” lanjut Irjen Pol DR. Drs. Widiyanto Poesoko, M.Si.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. pada kesempatan ini turut mengapresiasi dan meminta kepada Satgas Saber Pungli, untuk lebih meningkatkan kinerja dalam memberantas pungli.

Utamanya di sektor-sektor pelayanan publik, baik itu di lingkungan Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota, maupun Instansi Vertikal atau BUMN.

Fokus pada pencegahan di lembaga Dinas PTSP dan Penanaman Modal, Pelayanan SIM dan SKCK, Samsat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Pelayanan Imigrasi, dan Pelayanan Sertifikat Tanah, Pelayanan Kepelabuhanan dan lain sebagainya.

Kapolda meminta kepada Satgas Saber Pungli untuk bertindak secara tegas, mengingat pemberantasan pungli merupakan bagian dari program strategis Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Hal itu dalam membangun pemerintahan yang baik guna mendukung iklim investasi. “Harus tegas siapapun dia jika bersalah harus ditindak,” tegas Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.

Related Posts

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of