Polda Metro Jaya, Uncategorized

Jakarta PSBB, Ini Aturan untuk Kendaraan Pribadi

Jakarta – Selama penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, kendaraan pribadi masih diperbolehkan. Namun, digunakan hanya untuk membeli kebutuhan pokok.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berlaku 14 hari mulai Jumat (10/4/2020).

Kebijakan ini juga mengatur layanaan transportasi umum termasuk penggunaan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dan lebih.

“Kendaraan pribadi itu diizinkan untuk digunakan hanya untuk bepergian memenuhi kebutuhan pokok. Jadi secara prinsip adalah dilarang bepergian menggunakan kendaraan kecuali untuk memenuhi kebutuhan pokok,” kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Kemudian, volume penumpang dalam setiap kendaraan pribadi harus 50 persen atau separuh dari kapasitas kursi yang tersedia. Hal tersebut agar tetap ada jarak aman antar penumpang atau social distancing.

“Lalu ada batas maksimalnya bahwa dalam satu kendaraan roda empat atau lebih jumlah penumpang yang bisa naik persamaan adalah 50 persen dari kapasitas kursinya jadi bila jumlah kursi bisa untuk enam orang maka maksimal tiga orang,” papar Anies.

Selain itu, masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kendaraan pribadi untuk memenuhi kebutuhan pokok wajib menggunakan masker.

“Semua harus (penumpang) menggunakan masker. Terkait dengan masker ini adalah semua orang meninggalkan rumah wajib untuk menggunakan masker,” tandas Anies.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of