Polda Kalbar

Libatkan Masyarakat Peduli Api, Polda Kalbar Cek Kekuatan Antisipasi Karhutla

PONTIANAK, KALBAR – Polda Kalbar menggelar apel kekuatan dan pengecekan sarana prasarana dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Apel dipimpin langsung Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto bersama Wakil Gubernur Ria Norsan, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfert Denny dan jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar lainnya. Selasa, 7 Juli 2020.

Apel yang digelar di lapangan Jananuraga Polda Kalbar melibatkan sebanyak 524 personel dan 100 sarana prasarana kendaraan dari jajaran TNI, Polri, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta pemadam kebakaran.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto S.H.,M.Si melalui Kabid Humas Kombes Pol Donny Charles Go mengatakan, apel ini digelar sebagai wujud sinergitas Provinsi Kalimantan Barat dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan di tahun 2020.

“Apel ini menunjukan kesiapsiagaan dalam menghadapi Karhutla, dengan melibatkan seluruh komponen” kata Kombes Pol Donny Charles Go

Turut hadir dalam apel siaga karhutla, Masyarakat Peduli Api yang mendapatkan apresiasi dari Kapolda Kalbar berserta jajaran Forkopimda.

“Kapolda mengpresiasi kehadiran masyarakat peduli api, ini sangat membantu kita dalam menangani karhutla. Dengan melibatkan sebanyak mungkin komponen masyarakat, maka akan mengurangi resiko terjadi kebakaran lahan” tambah Donny

Ia melanjutkan, Polda Kalbar sendiri sudah mempersiapkan operasi yang akan digelar dalam waktu dekat, berfokus kepada pencegahaan.

“Akhir bulan Juli ini, akan kita laksanakan Operasi dengan sandi Bina Karuna. Operasi Karhutla ini akan mengkedepankan sosialisasi, imbauan dan patroli ke tempat tempat rawan karhutla” jelasnya

Dalam apel pengecekan sarana prasarana ini juga dilakukan simulasi dari Pemadam Kebakaran (Damkar) saat menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *