[language-switcher]
Beranda  Berita

Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Pembobol Rekening ASN Pemko Padang

Sumbar – Tim Ditreskrimsus Polda Sumbar  berhasil menangkap FFZ, 36 tahun, dalam kasus dugaan pembobolan rekening Bank Nagari seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang, Sumatera Barat yang ditangkap pada Kamis, 13 Agustus 2020 lalu.

Informasinya pelaku merupakan salah seorang tenaga honorer yang bekerja di Kantor Lurah Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Ia ditangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar di kawasan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh berdasarkan laporan polisi nomor LP/425/B/VIII/2020/SPKT unit III tanggal 13 Agustus 2020 dengan pelapor yang juga korban berinisial Y, 56 tahun.

“Yang menangkap memang dari Ditreskrimsus, namun atas perintah pimpinan kasus ini kami yang memegangnya,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Selasa, 18 Agustus 2020.

Kasat Reskrim mengatakan, kejadian bermula di saat pelaku mengaku menemukan dompet yang terjatuh di lingkungan kantor tempat ia bekerja dan menemukan satu buku tabungan milik korban yang berada di dalamnya pada Rabu, 12 Agustus 2020 sekitar pukul 15.00 Wib.

“Pelaku ini kemudian memanfaatkan momen itu dengan mencairkan uang yang ada di dalam buku rekening dengan jumlah mencapai Rp 75 juta itu,” katanya.

Untuk meyakinkan petugas bank dan menghindari kecurigaan, pelaku bahkan mengajak seorang perempuan tua untuk memalsukan tanda tangan korban sehingga uang itu cair.

Usai pelaku menarik uang itu, korban kemudian mendapatkan notifikasi melalui SMS Banking Bank Nagari berupa pemberitahuan penarikan Tunai sebanyak tiga kali dengan jumlah nominal mencapai Rp 75 juta.

Mendapatkan SMS seperti itu korban kemudian menghubungi Call Center Bank Nagari. Pihak Bank Nagari mengatakan bahwa korban telah melakukan penarikan, namun korban mengatakan tidak ada melakukan hal tersebut dan mengaku telah kehilangan dompet beserta buku tabungan.

“Korban pun melaporkan kejadian itu ke Bank Nagari, oleh pihak bank kemudian memberikan identitas si penarik beserta foto dan kendaraan yang ia gunakan seperti terekam dalam CCTV, disana awal mula terungkapnya kasus ini,” katanya.

Saat ini pelaku telah mendekam di sel tahanan Mapolresta Padang. Rico mengatakan, kasus yang menimpa Y masuk dalam kategori pidana umum dan pihaknya tidak mempersoalkan bahwa kasus itu ditangani oleh bidang tindak pidana umum atau tertentu Satuan Reskrim Polresta Padang.

Selain menahan pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa satu unit buku tabungan Sikoci Bank Nagari Cabang Pembantu Bandar Buat dengan nomor Rekening 1009.0210.00040-8 atas nama Yelza, satu unit buku tabungan Bank Mandiri atas nama Yelza, dua lembar photocopy KTP atas nama Yelza.

Kemudian uang tunai sebesar Rp 44.800.000, serta satu unit sepeda motor Scoopy warna merah putih nomor polisi BA 5793 OR milik pelaku.

“Karena kasus banyak yang kami tangani, maka dibagilah tugas itu, baik itu tipiter atau tipidum itu sama saja, tidak ada masalah,” tuturnya. (*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Satuan Lalulintas Polres Prabumulih Melaksanakan Peneguran Kepada Mobil Muatan Odol
BRIPKA.TRIAN HARDIANTO melaksanakan giat sambang ke kepala desa pangkul
Bhabinkamtibmas Kelurahan Muaradua Barat bersinergi dengan Babinsa  kembali melakukan sambang dan patroli dialogis
Polresta Surakarta Gelar Doa Bersama Lintas Agama, Sebagai Wujud Syukur Pemilu 2024 di Kota Solo Berjalan Aman dan Kondusif
Unit Provos Polsek Prabumulih Barat melaksanakan kegiatan Gaktiplin
Sinegritas Bhabinkamtibmas desa pangkul jaya Sambangi Warga Binaan wujudkan Kamtibmas aman dan Kondusif
Lihat Semua
WordPress Lightbox