[language-switcher]
Beranda  Berita

Rakor Antisipasi Bencana Alam, Kapolres Trenggalek: Siapkan Mitigasi dan Kesiapan

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek siap mengerahkan segala sumberdaya yang dimiliki untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Kesiapan tersebut berupa personel, mobilisasi maupun sarana prasarana pendukung yang tergabung dalam Satgas bencana Polres Trenggalek.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi terkait dan stakeholder kebencanaan yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek. Jumat, (26/2).

“Kita sudah siagakan Satgas Bencana berikut perlengkapannya dan dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk membantu penanganan bencana” Ujar AKBP Doni.

AKBP Doni menuturkan, saat ini musim penghujan masih terjadi. Jika curah hujan tinggi tidak menutup kemungkin terjadi banjir yang diakubatkan dari luapan sungai yang tak mampu menampung aliran air.

Selain itu dalam satu bulan terkahir juga terjadi bencana alam tanah longsor di beberapa kecamatan. Meskipun tidak sampai menimbulkan korban jiwa tetapi beberapa diantaranya menimpa rumah dan menutup jalan desa.

“Untuk itu, kesiapsigaan kita sangat diperlukan untuk mengantisipasi” Imbuhnya

Orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini mengatakan, beberapa bulan yang lalu pihaknya telah meluncurkan aplikasi berbasis android yakni `Trenggalek mantap` dimana didalamnya telah dilengkapi dengan panic button yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk meminta bantuan kepada petugas.

Selain itu ada pula fitur info cuaca dan gempa yang terintegrasi dengan BMKG dan keberjasama dengan BPBD yang dapat digunakan sebagai alarm atau warning system saat terjadi bencana alam sehingga masyarakat maupun aparat terkait bisa segera melakukan antisipasi dan penanganan sedini mungkin.

Masih kata AKBP Doni, yang tak kalah penting dan perlu dialakukan mitigasi adalah bencana alam tsunami, mengingat wilayah Kabupaten tiga kecamatan diantaranya adalah pesisir yakni Watulimo, Munjungan dan Panggul.

 “Agar lebih optimal dan terbangun sinergitas yang kuat, kita rencanakan nanti beberapa hari kedepan dilaksanakan pelatihan penanggulangan bencana alam yang dipusatkan di Kecamatan Panggul.” Ujarnya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut antara lain, Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H. bersama pejabat utama, Damdim 0806 yang diwakili oleh Pasiops Kapten Inf Rohmad Karim, Disparbud Trenggalek, Dinkes PPKB, BPBD, Pos SAR, Kesbangpol, Satpol PPK, Dinsos P2A, Dishub serta Muspika Kecamatan Panggul, Munjungan dan Watulimo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Jelang Ops Amole 2024, SSDM Polri Beri Bekal Psikologis ke Korps Brimob
Korlantas Polri Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli harkamtibmas anggota spkt polsek Ploso sasar obyek vital Bank BNI unit Ploso dialogis dengan scurity
Sampaikan pesan kamtibmas anggota Peterongan patroli sasar warga di warkop
Bhabinkamtibmas Bersama Pemerintah Desa dan Tenaga Kesehatan Lakukan Eliminasi Total Terhadap Hewan Penular Rabies di Wairbleler, Pogon, dan Aibura
Polsek Peterongan lakukan patroli kamtibmas subuh keliling desa
SAMBANG KE DESA DAN NGOBROL SANTAI BARENG WARGA BHABINKAMTIBMAS TAK LUPA MENYELIPKAN HIMBAUAN KAMTIBMAS
Bhabinkamtibmas Sambang Warga dan Sampaikan Pesan Kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox