[language-switcher]
Beranda  Berita

Mudahkan Masyarakat Dalam Pengurusan SIM, Satlantas Polresta Balikpapan Luncurkan Inovasi “SIM Delivery”

BALIKAPAN – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Polresta Balikpapan melalui Satlantas meluncurkan inovasi baru. Khususnya dalam kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), yakni SIM Delivery.

Kehadiran inovasi kerjasama Polresta Balikpapan dan Gojek tersebut diresmikan Selasa (2/3) pagi di Satpas Satlantas Polresta Balikpapan. Dihadiri langsung oleh Kapolda Kaltim Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Herry mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan empat bidang transformasi Polri yang Presisi. Pertama di bidang organisasi transformasi, operasional transformasi, pelayanan publik dan transformasi bidang pengawasan.

“Jadi salah satu yang mungkin nyangkut dengan SIM Delivery ini adalah transformasi di bidang pelayanan publik,” kata Kapolda Irjen Pol Herry.

Urusan transformasi bidang pelayanan publik, lanjut Irjen Pol Herry, Kapolri meminta agar ada peningkatan yang signifikan terhadap pelayanan publik.

“Kemudian, pelayanan publik ini masuk dalam 16 Program Prioritas Kapolri. Dan tentu saja ini membutuhkan kreatifitas dari anggota Polri yang duduk pada posisi memberikan pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya.

IMG 20210302 WA0003 1

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi menambahakan, SIM Delivery merupakan salah implementasi Program Prioritas Kapolri dalam rangka mewujudkan layanan publik yang cepat, mudah, terstruktur yang berbasis teknogi informasi. Khususnya pada layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi.

Inovasi ini juga termasuk dalam program ke enam poin 18 program Kapolri. Disebutkan bahwa terbentuknya layanan jasa pengantaran atau delivery servis menjadi salah satu target program 100 hari Kapolri di seluruh Jawa.

Namun demikian hal tersebut menjadi pemicu dan semangat bagi jajaran Satlantas Polresta Balikpapan untuk dapar mewujudkan layanan delevery di salah satu jajaran Polda di luar Jawa.

“Sehingga terwujud layanan publik Polri yang presisi di Polresta Balikpapan. Ini menjadi program yg pertama kali di Kalimantan Timur (Kaltim). Kalau di Jawa memang sudah prioritas,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, para pemohon SIM nantinya bisa lebih menghemat waktu. Mereka juga tidak perlu menunggu lama, sebab SIM bisa diantar ke rumah pemohon.

Tentu layanan ini sangat membantu masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana protokol kesehatan jadi pertimbangan utama dalam setiap aktifitas.

“Nantinya SIM itu diantar ke rumah pemohon. Tapi tidak dipaksakan, bagi yang bersedia saja. Kemudian untuk biaya antar tetap dari pemohon, karena sistemnya sama seperti pesan Gojek umumnya,” tandasnya. (FJ/BPN)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Siap Siaga, Polsek Arosbaya Polres Bangkalan Stanby di Posko Tanggap Darurat
Polsek Ngadiluwih Giat Rutin Patroli Sambang di Minimarket 
Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Kota Malang Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan
Polsek Kandat Patroli Sambang di Toko Emas 
Polsek Kandat Patroli Sambang di Toko Emas 
Polres Boyolali Imbau Pedagang dan Pengendara di Rest Area Tol Boyolali, Pastikan Kamtibmas dan Keselamatan Berlalu-lintas.
Peras Penumpang, Kurang dari 24 jam Driver Taksi Online Diamankan Polres Jakbar
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor