[language-switcher]
Beranda  Berita

60 menit Bersama Dir Intelkam Polda Sumsel menghapus paham Radikalisme dikalangan Generasi Milenial

PALEMBANG – DirIntelkam Polda Sumsel Kombes Pol Ratno Kuncoro Sik ,Msi Narasumber Pal TV Palembag dengan Tema menghapus paham radikalisme dikalangan generasi milenial jumat tanggal 09 /04 2021 di Panhead cafe dan resto jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 45 Palembang , Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Ratno Kuncoro, S.IK., M.Si didampingi Bpk H. Mgs Syaiful Fadli selaku Anggota DPRD Prov. Sumsel dan Tokoh Pemuda.

Ratno,” menyampaikan kenapa mengenai terorisme, radikalisme dan intoleransi menjadi informasi yang trend saat ini, tidak terlepas kaitannya dengan kasus yang terjadi baru-baru ini yaitu pada tanggal 24 Maret 2021 yang lalu sepasang suami istri melakukan bom Gereja Katedral di makassar dan 4 hari berselang terjadi kasus penyerangan oleh wanita milenial di Mabes Polri. Setelah diteliti oleh Densus 88 dan BNPT diketahui mereka telah terpapar paham Radikal ujarnya,”

Paham Radikal adalah paham dimana merasa perlu ada perubahan baik secara sosial, ekonomi dan politik secara drastis dan tak jarang menggunakan gara-gara kekerasan.

Munculnya radikalisme tidak terjadi secara serta-merta namun dimulai dari adanya intoleransi yaitu sikap yang menyatakan diri paling benar dan kelompok lain salah, yang bila tidak diatasi akan berkembang menjadi radikalisme dan bila disertakan dengan kekerasan menjadi terorisme,ucap mantan kasat Intelkam Polrestabes Palembang

Dari hasil monitoring Densus 88 yang di back up oleh intelijen seluruh Indonesia, sudah banyak kasus yang diungkap dan ratusan/ribuan orang telah ditangkap dalam meredam kasus teror namanya “Preemtife Stright”. Dan jaringan terorisme telah diketahui diantaranya JAD dan JAT yang berafiliasi dengan ISIS dan bahkan banyak warga kita berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan jihadis asing melawan pemerintahan Irak yang sah.
Artinya kelompok ini tidak hanya berdiam diri, mereka melakukan perekrutan dan menyebarkan paham Radikal ke masyarakat, mereka merekrut pengantin melakukan aksi teror dengan target kepolisian ataupun tempat dengan mobilitas tinggi. Di Sumsel telah beberapa kali terjadi kasus penangkapan dan beberapa napi teror di lapas Sumsel yang masih menjalani hukuman, untuk itu kepolisian membutuhkan dukungan dari masyarakat dan seluruh elemen lain dalam mendeteksi awal muka terorisme yaitu radikalisme. Radikalisme tidak suka agama lain, tidak suka dipimpin kelompok lain yang tidak menutup kemungkinan masih terjadi di wilayah Sumsel.

Hasil penelitian terhadap salah satu laptop hasil sitaan kelompok teroris diketahui gerakannya begitu masif dan tidak hanya terjadi di kalangan yang fanatik dalam beragama bahkan menargetkan mahasiswa dan ASN termasuk TNI/Polri. Dari situ diketahui bahwa kelompok ini memiliki pola untuk merubah mainset seseorang untuk menjadi radikal.
Kolaborasi dengan Densus 88 yang sudah diakui dunia, saat ini situasi masih terbilang kondusif, kita juga menggandeng beberapa tokoh agama ,tukas Kombes Ratno ,
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19.’

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Buka Penerimaan Terpadu 2024 : Khusus Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama
Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
7 Korban Kebakaran Mampang Telah Dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati
Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
2.713 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Monas Hari Ini
Pusat Keuangan Polri Gelar FGD Bahas Penetapan Hari Jadi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Jumat Berkah Kapolres Bontang Sapa Warga Bontang Kuala
Peduli Lingkungan, Kapolres Bontang pimpin aksi bersih pesisir Bontang Kuala
Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembacokan di Lokalisasi Tulang Bawang Barat
Jaga Harkamtibmas Polsek Batu Sopang Giatkan Patroli Dialogis Sambangi Warga
Kapolres Tuba Ucapkan Terima Kasih dan Berikan Apresiasi Semua yang Terlibat Ops Ketupat Krakatau 2024
Upaya Preemtif Minimalisir Laka Perairan, Sat Polair Polres Bontang Galakkan Sosialisasi
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor