[language-switcher]
Beranda  Berita

Ditemukan Ayam Berformalin di Pasar Anyar Tangerang, Masyarakat Diminta Waspada

TANGERANG – Makanan berbahaya bagi kesehatan masih ditemukan di Pasar Anyar, Kota Tangerang , Banten. Warga yang hendak berbelanja untuk konsumsi selama Ramadhan pun diminta waspada.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Abduh Surahman mengatakan, pihaknya masih menemukan daging dan usus ayam mengandung formalin. Selain itu, ditemukan bayam dan sayuran yang mengandung pestisida, serta cendol yang mengandung zat berwarna berbahaya.

“Tadi yg berformalin itu hanya pada daging ayam, usus ayam, dan kulit ayam di satu pedagang. Pada produk pertanian itu disebutnya masih terpapar pestisida,” kata Abduh, kepada SINDOnews, di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Senin (12/4/2021).

Dia melanjutkan, ayam berformalin di pasar tersebut disuplai oleh agen nakal. Saat ini, pihaknya bersama dengan kepolisian masih melakukan perburuan terhadap pedagang yang kabur saat dirazia tersebut.

“Ada agen nakal di situ. Begitu positif formalin, kita samperin lagi dengan kepolisian, tetapi orangnya sudah lari. Dagangannya ditinggal. Besok kita datengin lagi pakai surat peringatan. Kelihatannya pedagang lama. Tahun lalu juga ada,” sambungnya.

Pada tahun lalu, di pasar yang sama, ada sedikitnya tujuh orang pedagang yang ketahuan berjualan daging berformalin. Dari tujuh pedagang itu, tinggal satu pedagang ini yang masih nakl menjual daging mengandung bahan berbahaya berformalin.

“Tahun lalu kita tangkap dengan kepolisian, dibawa ke polres diberi peringatan. Baru diberi peringatan. Setelah diberi peringatan, seminggu kemudian kita survei, ternyata dia insyaf. Tetapi gak tahu nih kambuh lagi. Pedagang lama,” tambah Abduh lagi.

Masyarakat yang akan berbelanja ke Pasar Anyar pun diminta waspada, terutama di dalam memilih daging. Pilih daging, yang lalat mau berkerubung. Sebab daging yang dihindari lalat, pasti berformalin.

“Kalau daging berformalin itu gak dirubungi lalat, jadi kalau lalat gak mau berhenti di situ, berarti dagingnya berformalin. Jangan belanja di situ. Kalau dikerubungi, secara teoritis itu gak mengandung kimia. Kan itu mentah, sampai rumah cuci,” jelasnya.

Tidak hanya daging mengandung formalin yang perlu diperhatikan jika belanja di pasar ini. Sayuran hijau dan cincau atau pacar cina pun harus diwaspadai, karena mengandung bahan berbahaya.

“Jadi petani itu memetik terlalu cepat atau nyemprot pestisida. Harusnya berjangka seminggu baru dipetik. Jadi, kalau nyiram pestisida itu harus nunggu seminggu. Akibatnya apa, si pestisidanya masih nempel di daun, di bayam, di kangkung,” ungkapnya.

Bagi yang terlanjur membeli sayuran ini, sebaiknya sampai rumah sayuran dicuci dengan air yang mengalir. Sedang cincau dan pacar cina, sebaiknya dihindari untuk konsumsi berbuka puasa. Begitupun dengan olahan tahu, sangat tidak disarankan.

“Kalau yang produk olahan itu pakai pewarna, jadi yang tadi ditemukan itu pertama tahu, kedua itu yang kayak onde-onde, apa sih, cincau. Sama satu lagi yang warna warni, pacar cina itu pake zat pewarna. Jadi bukan formalin semuanya,” pungkasnya.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Jelang Ops Amole 2024, SSDM Polri Beri Bekal Psikologis ke Korps Brimob
Korlantas Polri Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli harkamtibmas anggota spkt polsek Ploso sasar obyek vital Bank BNI unit Ploso dialogis dengan scurity
Sampaikan pesan kamtibmas anggota Peterongan patroli sasar warga di warkop
Bhabinkamtibmas Bersama Pemerintah Desa dan Tenaga Kesehatan Lakukan Eliminasi Total Terhadap Hewan Penular Rabies di Wairbleler, Pogon, dan Aibura
Polsek Peterongan lakukan patroli kamtibmas subuh keliling desa
SAMBANG KE DESA DAN NGOBROL SANTAI BARENG WARGA BHABINKAMTIBMAS TAK LUPA MENYELIPKAN HIMBAUAN KAMTIBMAS
Bhabinkamtibmas Sambang Warga dan Sampaikan Pesan Kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox