Polda Sulteng

Jaga Hubungan Harmonis dan Toleransi, Brimob Sambang Humanis Tokoh Konghucu Poso

Polda Sulawesi Tengah – Toleransi adalah akar dari kesatuan dan kerukunan. Tanpa adanya toleransi, konflik dan perpecahan bisa saja terjadi.

Toleransi sendiri adalah dasar untuk menciptakan lingkungan yang damai. Toleransi adalah konsep penting yang harus dipelajari, dipahami, dan dikuasai setiap orang.

Toleransi inilah yang menjadi salah satu aspek pembahasan pada kegiatan sambang humanis Iptu Dirham Helrib.SH dan Ipda I Wayan Dharma pada tokoh agama Khonghucu Bpk. Hasan Basry di kel Moengko Kab. Poso, Senin (12/04/2021).

“Disini kami ingin menjaga kebersamaan dalam menjaga kamtibmas diwilayah poso,tidak mudah terprovokasi oleh tindakan-tindakan radikal sehingga tercipta kamtibmas yang kondusif di kab. Poso. Selain itu kami juga menghimbau untuk selalu memupuk toleransi antar umat beragama sehingga kerukunan senantiasa terjaga” Ungkap Iptu Dirham terkait sambangnya pada hari tersebut.

Selanjutnya, Dirham menyampaikan harapan Dansat Brimob Polda Sulteng Kombes Pol Joko Sulistio, S.I.K agar giat sambang humanis Brimob mampu membuka wawasan masyarakat melalui edukasi dan himbauan tokoh-tokoh masyarakat, agama dan adat akan pentingnya toleransi untuk menciptakan dan menjaga kedamaian melalui kesadaran untuk menerima nilai-nilai orang lain, menguatkan tali persaudaraan, dan mendukung pembangunan nasional, terutama mensuksekan program Presisi Kapolri.

Kegiatan sambang humanis Brimob Sulteng ini memang ditujukan untuk menjaga hubungan harmonis, ikatan kebhinekaan, sekaligus menjalin komunikasi tentang situasi kamtibmas kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat dan adat di Sulawesi Tengah.

Senada, tokoh agama Konghucu Poso bpk. Hasan Basry merespon positif giat tersebut dan menyampaikan harapan semoga dengan digalakkan kegiatan sambang humanis Brimob dapat menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi sehingga mampu keluar dari bayang-bayang intoleransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *