Polda Kaltim, SATWIL, Uncategorized

Peduli Ekosistem Laut, Brimob Polda Kaltim Ikut Laksanakan Transplantasi Terumbu Karang

Kutai Kartanegara – Personel Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim dipimpin Iptu Elan Suherlan bersama Komunitas Selam Samarinda dan Kutai Kartanegara melaksanakan kegiatan penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang di Spot Batu Lampe Pantai Pangempang, Muara Badak Kutai Kartanegara, Selasa, (25/05/2021).

Dansat Brimob Polda Kaltim mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga ekosistem laut sekaligus mengembangkan wisata.

“Kami tanam tadi sekitar dua puluh lima rak terumbu karang, untuk penanaman awal kita tanam di sekitar lepas Pantai Pangempang, diharapkan dengan penanaman terumbu karang nanti dapat tumbuh karang yang indah dan taman laut agar kelestarian ekosistem laut tetap terjaga,” ujarnya.

Terumbu karang yang ditanam sejenis karang jahe dan bersifat gampang tumbuh dan berkembang, untuk penanaman terumbu karang ini pun dipilih dengan kedalaman sekitar 5 meter, hal itu dimaksudkan ketika air surut pada permukaan terumbu karangnya tetap terjaga.

“Dengan demikian, karang itu bisa terjaga. Karena kalau muncul bisa mati karangnya,” tuturnya.

Tidak hanya itu ia pun mengimbau agar masyarakat khususnya nelayan dan para snorkle untuk tetap menjaga keindahan terumbu karang. “Saya imbau agar masyarakat tidak merusak terumbu karang agar tetap terjaga. Apalagi para pelaku bom ikan yang mengambil ikan secara instan dan para masyarakat yang mengambil ikan hindari untuk merusak karang. Jadi jaring-jaring penangkap ikan ini bisa merusak karang. Dan juga para snorkle hindari menginjak karang karena jika diinjak karangnya akan patah dan tumbuhnya lama sekali,” ujar Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K.

Humas Polda Kaltim

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *