[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolri Minta Dukungan Logistik All Out Untuk Bencana

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran Staf Logistik (Slog) Polri untuk membuat strategi distribusi bantuan yang cepat saat situasi bencana. Kapolri juga meminta Logistik mendukung tugas pelayanan anggota, khususnya terhadap kaum disabilitas.

Tak hanya itu, mantan Kabareskrim Polri ini juga menegaskan pentingnya pemenuhan kebutuhan tugas anggota di lapangan, khususnya bagi anggota yang mengemban tugas berbahaya.

“Daerah kita banyak bencana, memerlukan kecepatan. Selain anggota cepat sampai dan dukungan logistik harus melekat sarana dan prasarananya, maka tolong dipikirkan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Slog Polri 2021, Rabu (9/6/2021).

Menurut Kapolri, pasokan listrik, air, hingga alat komunikasi merupakan hal yang paling dibutuhkan ketika bencana terjadi.

“Kebutuhan di wilayah bencana, seperti listrik, air dan komunikasi, pasti terganggu. Di atur bagaimana manajemennya terkait dengan arus distribusi logistik bisa cepat sesuai dengan karakteristik wilayah bencana,” ujar Kapolri.

Dia juga meminta Slog melengkapi kebutuhan personel dalam hal pelayanan kepada kaum disabilitas. “Harapan kita, memberikan pelayanan yang baik. Buat saudara kita yang kebutuhan khusus untuk dibuatkan sarana dan prasarana agar pelayanan tidak ada perbedaan,” ujarnya.

Kapolri juga mengatakan pentingnya dukungan logistik ibarat persiapan perang. Menurutnya, tak ada peperangan yang dapat dimenangi tanpa dukungan logistik, seperti peralatan perang dan lainnya.

“Ibarat dalam peperangan, unsur pendukung adalah suplai dan logistik. Meskipun (fungsi logistik) pendukung, tidak ada peperangan yang bisa dimenangi tanpa suplai dan logistik,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Kapolri, Slog Polri harus memenuhi kebutuhan tugas personel di lapangan, khususnya yang mengemban tugas di medan sulit dan berbahaya.

“Anggota yang melaksanakan tugas di lapangan agar dilengkapi dan kualitas sesuai dengan kebutuhan, seperti anggota yang operasi di lapangan. (Agar) bisa melaksanakan tugas yang maksimal dengan medan yang berat dan mengancam jiwa anggota,” tegas dia.

“Peralatan yang perlu pengamanan tinggi dijaga keamanannya, seperti pengadaan senjata, peluru, dan lain-lain,” lanjut dia.

Kapolri menjelaskan Slog Polri memiliki lima tahapan dalam menyiapkan langkah strategis ke depan. Antara lain pengembangan road map logistik, optimalisasi jejaring logistik, modernisasi mekanisme logistik, restrukturisasi organisasi, dan optimalisasi sumber daya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Meningkatkan Kemampuan SDM Polri, Kadivhubinter Buka Pelatihan Digital Forensik Siber
As SDM Kapolri bersama dengan Kapolda Kalimantan Barat me Launching Tim Bola Voli Jakarta Bhayangkara Presisi dan POPSIVO Polwan!
Kapolda Bengkulu Turun Langsung Salurkan Bantuan Pada Warga Terdampak Banjir di Lebong
Praktek Uji Kompetensi Penyidik Laka Lantas, Inspektur: Terus Berlatih dan Jangan Berpuas Diri
Dewan Pers Apresiasi Kinerja Divhumas Polri yang Memudahkan Jurnalis Peroleh Informasi
KIP : Keterbukaan Informasi Publik Bisa Mendukung Stabilitas Sektor Kamtibmas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolres Barsel Hadiri Syukuran Penerbangan Angkutan Udara Perintis UP Bandara Sanggu
Bhabinkamtibmas Desa Pulau Pinang melaksanakan sambang di desa binaan
Anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan Patroli sambang desa binaan sihturahmi dengan warga
Kunjungi Warga Binaan Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Berikan Himbauan Kamtibmas
Polsek Medan Baru Pasang Spanduk Himbauan "Dilarang Berjudi" di Gg. Dipanegara dan Gg Golf
Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Bhabinkamtibmas Laksanakan Patroli dan Sambang Warga
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor