[language-switcher]
Beranda  Berita

Gerak Cepat, Tim Kepiting Merah Polsek Babulu Berhasil Ringkus Pria Pencuri Sarang Burung Walet

PPU – Tim Kepiting Merah Polsek Babulu Polres Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (15/6/2021) sekira pukul 01.00 Wita, berhasil membekuk tersangka pelaku tindak pidana pencurian sarang burung walet. Tersangka berinisial AN (39) merupakan warga Desa Labangka, Kecamatan Babulu, PPU.

“Benar pada Selasa kemarin, Tim Kepiting Merah Unit Reskrim Polsek Babulu dipimpin Kanit Reskrim Polsek Babulu, IPDA Jan Weddy Siregar, SH telah melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana pencurian sarang burung walet,” ujar Kapolres PPU, AKBP Hendrik Hermawan didampingi Kapolsek Babulu, AKP Muklas Hariyanto serta Kasat Reskrim, IPTU Dian Kusnawan, Rabu (16/6/2021).

Ia menambahkan, tersangka tertangkap ketika masih berada di tempat kejadian perkara (TKP) berupa sebuah gedung sarang burung walet di Desa Babulu Darat.

Adapun kronologis kejadian kasus pencurian ini berawal ketika itu korban sebagai pemilik gedung sarang burung walet curiga lantaran CCTV di gedung tersebut offline sehingga ia tak bisa memantau CCTV melalui handphone. Selain itu, sensor gedung walet korban juga langsung berbunyi.

Karena curiga, korban menghubungi penjaga gedung untuk bersama melakukan pengecekan kamera CCTV serta memantau kondisi sekitar gedung.

“Setiba di gedung miliknya korban langsung menuju ke kamera CCTV dan ternyata kamera itu sudah dirusak oleh orang. Karena merasa curiga korban bersama penjaga gedung sarang burung waletnya melakukan pengecekan gedung walet itu menggunakan senter,” ucapnya

Pada saat itu juga, lanjutnya, penjaga gedung burung walet langsung menghubungi Polsek Babulu. Kemudian anggota Unit Reskrim Polsek Babulu beserta regu piket penjagaan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Regu III meresponnya dengan mendatangi lokasi gedung sarang burung walet tersebut.

Bersama pemilik polisi pun melakukan pengecekan lebih lanjut di sekitar lokasi. Ketika itu mereka berhasil meringkus seorang pria yang diduga kuat telah merusak CCTV dan melakukan pencurian sarang burung walet milik korban.

“Setelah dilakukan pencarian di sekitar gedung walet, akhirnya pelaku pencurian diketahui berinisial AN tersebut berhasil ditangkap tanpa perlawanan. Tersangka ketika itu berupaya bersembunyi di bawah atap lantai tiga gedung walet namun berhasil dibekuk bersama barang buktinya,” sebutnya.

Untuk diketahui, tersangka ditangkap beserta barang bukti berupa satu bungkus plastik warna hitam berisi 50 keping sarang burung walet, satu pucuk pisau beserta sarungnya, satu senter kepala dan satu topeng muka warna hitam.

“Kemudian tersangka dan barang bukti kejahatannya diantaranya 50 keping sarang burung walet telah kami amankan. Kini tersangka telah dijebloskan ke dalam tahanan Polsek Babulu guna proses hukum lebih lanjut,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dikenai Pasal 363 Ayat 1 Ke-3 Jo Pasal 55 KUHPidana dengan ancaman pidana kurungan penjara paling lama tujuh tahun,” pungkasnya.

Humas Polda Kaltim

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Polri Ajukan Pencabutan Paspor untuk Tersangka TPPO yang Bersembunyi di Jerman
Gangguan Kamtibmas Turun 132 Kasus pada 24 April 2024
Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri
Kapolsek Ketahun Bagikan Baksos Pada Warga
Kapolsek Ketahun Bagikan Baksos Pada Warga
Kapolres Pagaralam menjadi pusat perhatian publik karena turun langsung dan membantu mobil yang terperosok ke badan jalan
Modus Warung Makan, Warga Sindang Kelingi Jual Sabu
Gerak cepat personel SatRes Narkoba didalam menangkap pelaku pengedar jenis ganja yang meresahkan masyarakat
Kapolda Bengkulu Ikuti MOU Kementerian Pertanian dan Polri secara Daring
Lihat Semua
WordPress Lightbox