[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Kaltim Hadiri Upacara Pembukaan Latma Garuda Shield 2021

Balikpapan – Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., hadiri Upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-15/2021 antara TNI AD dan US ARMY, Balikpapan pada Rabu (4/8/21).

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Markas Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman tersebut di pimpin langsung Oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr.(Han).

Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., serta Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, S.E., M.E., juga turut hadir dalam Kegiatan Upacara Pembukaan pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-15/2021 antara TNI AD dan US ARMY.

Kapolda Kaltim menjelaskan kepada media bahwa Garuda Shield 2021 bertujuan meningkatkan kemampuan interoperabilitas gabungan melalui pelatihan dan pertukaran budaya. Kegiatan itu pun disebut dapat memberikan peluang untuk pertukaran profesional dan budaya yang memperkuat kemitraan kedua negara melalui pembelajaran dan pelatihan bersama.

“Latihan bersama ini paling tidak, bisa membangun hubungan bilateral yang lebih baik antara Pemerintah Amerika dengan Indonesia, terutama dalam hal kemiliteran dan sistem pertahanan kedua negara,” ungkap Kapolda Kaltim.

Selain itu, Kapolda Kaltim juga meyakini selama latihan bersama tentu diarahkan pada meningkatkan kemampuan personil TNI-AD dalam sektor pertahanan (defense capabilities).

Sementara Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyebutkan Latma kali ini merupakan latihan gabungan serentak di tiga tempat di wilayah Indonesia.

“Terbesar di Batu Raja Sumatera Selatan, kedua di Amborawang Balikpapan Kaltim, dan ketiga di Mukalisung Manado Sulawesi Utara,” sebut Heri Wiranto.

Ditambahkannya, Latihan digelar hinģga 13 Juli meliputi latihan keterampilan/kemampuan personil, penguasaan penggunaan senjata ringan, tactical dan field training exercises, life firing exercises (senjata mortir) dan senapan mesin ringan (SMR).

“Latihan awal persiapan teknis di Markas Batalyon Infanteri 600 Raider, dilanjutkan latihan taktik dilapangan di kawasan medan latihan Amborawang,” ungkapnya.

10 6
Humas Polda Kaltim

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolsek Nongsa Berikan Klarifikasi Terkait Pemberitaan Viral Mengenai Pemotor Seret Sajam di Jalan Raya Batu Besar Bukan Begal
Amankan Misa Kamis Putih, Polres Kepulauan Tanimbar pastikan rasa aman dan lancar
Polsek Tanah Abang Gelar Jumat Curhat di Desa Tanjung Dalam, Dengarkan Keluhan Dari Masyarakat
Bhabinkamtibmas Polsek Talang Ubi Gelar Jumat Curhat di Desa Sinardewa
Jelang Operasi Operasi Ketupat Salawaku 2024, Polres Kepulauan Tanimbar gelar Patroli KRYD
Polres Pali Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Personil Polres PALI
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor