Polda Kaltim, SATWIL

Kapolda Kaltim Hadiri Upacara Pembukaan Latma Garuda Shield 2021

Balikpapan – Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., hadiri Upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-15/2021 antara TNI AD dan US ARMY, Balikpapan pada Rabu (4/8/21).

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Markas Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman tersebut di pimpin langsung Oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr.(Han).

Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., serta Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, S.E., M.E., juga turut hadir dalam Kegiatan Upacara Pembukaan pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-15/2021 antara TNI AD dan US ARMY.

Kapolda Kaltim menjelaskan kepada media bahwa Garuda Shield 2021 bertujuan meningkatkan kemampuan interoperabilitas gabungan melalui pelatihan dan pertukaran budaya. Kegiatan itu pun disebut dapat memberikan peluang untuk pertukaran profesional dan budaya yang memperkuat kemitraan kedua negara melalui pembelajaran dan pelatihan bersama.

“Latihan bersama ini paling tidak, bisa membangun hubungan bilateral yang lebih baik antara Pemerintah Amerika dengan Indonesia, terutama dalam hal kemiliteran dan sistem pertahanan kedua negara,” ungkap Kapolda Kaltim.

Selain itu, Kapolda Kaltim juga meyakini selama latihan bersama tentu diarahkan pada meningkatkan kemampuan personil TNI-AD dalam sektor pertahanan (defense capabilities).

Sementara Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyebutkan Latma kali ini merupakan latihan gabungan serentak di tiga tempat di wilayah Indonesia.

“Terbesar di Batu Raja Sumatera Selatan, kedua di Amborawang Balikpapan Kaltim, dan ketiga di Mukalisung Manado Sulawesi Utara,” sebut Heri Wiranto.

Ditambahkannya, Latihan digelar hinģga 13 Juli meliputi latihan keterampilan/kemampuan personil, penguasaan penggunaan senjata ringan, tactical dan field training exercises, life firing exercises (senjata mortir) dan senapan mesin ringan (SMR).

“Latihan awal persiapan teknis di Markas Batalyon Infanteri 600 Raider, dilanjutkan latihan taktik dilapangan di kawasan medan latihan Amborawang,” ungkapnya.


Humas Polda Kaltim

Related Posts