Polda Kaltim, SATWIL, Uncategorized

76 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Bendera Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Kepulauan Derawan

Berau – Berbagai cara saat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 sangat beragam. Jika biasanya dilaksanakan di lapangan, maka lain halnya dengan yang dilakukan di Pulau Derawan dan Maratua.

Polsek Pulau Derawan bersama personel Pos TNI Angkatan Laut Tanjung Batu dan masyarakat melakukan pengibaran bendera merah putih di tengah laut Kepulauan Derawan.

“Jarak suar tempat pengibaran yakni 2 mil dari bibir pantai Tanjung Batu,” ungkap Kapolsek Pulau Derawan, AKP Ridwan Lubis, Senin (17/8/2021).

Ia mengatakan, peserta yang ikut terdiri nelayan dan masyarakat setempat, atlet layar, personel Polsek Pulau Derawan dan TNI AL, serta Koramil Tanjung Batu. Pelaksnaan menggunakan speed patroli TNI AL, kapal nelayan Tanjung Batu dan perahu atlet cabor layar untuk menuju suar.

“Kita, bersama masyarakat dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan pengibaran bendera di tengah laut Kepulauan Derawan,” ujarnya.

Pengibaran bendera berjalan cukup lancar. Ketinggian ombak di bawah 5 meter , tidak menyulitkan petugas pengibaran bendera untuk menerjang ombak.

“Tidak ada kendala dalam mengibarkan Merah Putih. Sebelumnya kami sudah memberikan pembekalan kepada yang ingin ikut mengibarkan bendera,” imbuhnya.

Menurutnya, mengibarkan Merah Putih di tengah laut bukan untuk mencari sensasi. Konsep upacara tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk mempromosikan pariwisata.

Ia pun berharap, dengan HUT RI ke-76 kali ini, Indonesia segera pulih dan bangkit dari pandemi COVID-19.

“Dirgahayu Republik Indonesia ke-76. Semoga segera terbebas dari pandemi COVID-19,” tuturnya.

Sementara itu, di Kecamatan Maratua, dilakukan pengibaran bendera di bawah laut. Pengibaran tersebut dilakukan oleh Polsek Maratua.

Kapolsek Maratua Iptu Iwan Purwanto menyebut, selain untuk memupuk nasionalisme diantara anak bangsa, pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut ini juga dilakukan sebagai langkah untuk mendukung promosi potensi wisata alam bawah laut, yang selama ini dilakukan pemerintah daerah.

“Dari kegiatan ini bukan hanya untuk memupuk nasionalisme, tetapi lebih dari itu. Kami juga ingin memperkenalkan potensi wisata bawah laut di Kabupaten Berau yang memiliki keindahan yang bisa disejajarkan dengan daerah lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menggelorakan semangat hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun di tengah ancaman wabah COVID-19, ada banyak cara yang bisa dilakukan.

“Yang penting harus tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, nasionalisme kebangsaan dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan tetap menjaga dan merawat perairan yang ada di Kabupaten Berau.

“Ini penting dilakukan agar nantinya, perairan di Kabupaten Berau khususnya Maratua bisa tetap terjaga dengan baik, sehingga potensi wisata bawah air bisa terus di kembangkan dan di lestarikan. Tentunya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Humas Polda Kaltim

Related Posts