[language-switcher]
Beranda  Berita

Digitalisasi Ranmor, Korlantas Polri Pilih Jogja Jadi Pilot Project

Yogyakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan inovasi untuk mempermudah layanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dalam waktu dekat, Korlantas Polri segera memberlakukan digitalisasi kendaraan bermotor (ranmor).

Kasubdit BPKB Korlantas Polri, Kombes Pol Indra Darmawan mengatakan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dipilih menjadi salah satu pilot project digitalisasi ranmor, selain Polres Cimahi dan Polresta Solo.

“Saat ini kami sosialisasi pelayanan kendaraan bermotor, yang mungkin sebentar lagi akan dilakukan sistem aplikasi arsip digital Ditlantas. Tujuan digitalisasi ranmor ini, untuk mempercepat pelayanan, khususnya di bidang pelayanan registrasi kendaraan bermotor,” jelas Kombes Indra didampingi Wadirlantas Polda DIY Akbp M Iqbal saat sosialisasi digitalisasi ranmor di Ditlantas Polda DIY, Jumat (17/9/2021).

Kombes Pol Indra Darmawan menuturkan, digitalisasi ranmor rencananya akan diberlakukan mulai Oktober mendatang dan Yogyakarta dipilih sebagai pilot project sebab jaringan dan infrastruktur yang sangat mendukung.

Sebagai tahap awal, inovasi ini fokus kepada layanan registrasi kepemilikan ranmor berikut surat-suratnya. Ke depan, layanan tersebut juga akan dikembangkan, sehingga dapat menjangkau layanan lainnya seperti mutasi atau balik nama serta pemblokiran kendaraan bermotor.

Dirinya juga berharap, agar inovasi tersebut bisa terus dikembangkan sehingga bisa terintegrasi dengan instansi lainnya.

“Kami rencanakan pada Oktober bulan depan, sistem ini sudah berjalan. Saat ini anggota baru dilatih menggunakan alat-alat sehingga arsip lama bisa dicicil pelan-pelan untuk didokumentasikan secara digital. Tahun 2021 ini baru akan diterapkan di Polda DIY, Polresta Solo dan Polres Cimahi. Tahun berikutnya akan kita kembangkan lagi ke wilayah lain,” tambahnya.

Menurutnya, sistem tersebut juga bisa mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengarsipan manual.
Konsultan IT, Daruhito Anggoroyakti mengatakan, tujuan digitalisasi ranmor salah satunya agar arsip tetap aman. Baik saat terjadi bencana atau kelalaian manusia seperti musibah kebakaran arsip di gudang penyimpanan.

“Ke depan, sistem ini diharapkan bisa menunjang digital layanan Korlantas Polri lainnya. Dengan digitalisasi ini, pelayanan juga akan makin cepat, karena misal ingin mutasi tinggal barcode saja,” ujarnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Polri Kawal Pemudik Sepeda Motor: Zona Penyangga- Pelabuhan
Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Ciptakan Kondusivitas di Bulan Ramadhan, Jajaran Polres Grobogan Antisipasi Perang Sarung
Polsek Firdaus Amankan Tersangka Curanmor
Polsek Firdaus Amankan Tersangka Curanmor
Berikan Rasa Aman, Kapolsek Tanjung Beringin Pimpin Pengamanan Ibadah Jumat Agung
Pastikan Kesesuaian Penjualan BBM, Polresta Banyumas Sidak SPBU
Antisipasi Gangguan, Polsek Labuhan Badas Rutin Patroli Ke SPBU
Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Perbaungan Berhasil Tangkap Pelaku Pencuri Hp iPhone 
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor