[language-switcher]
Beranda  Berita

SIKAPI POLEMIK PILKADES DI DESA KAMARIAN, KAPOLRES SBB PIMPIN RAPAT KOORDINASI

Polres Seram Bagian Barat – Bertempat di Aula Bhayangkara Polres SBB telah berlangsung Rapat Koordinasi dalam rangka menyikapi Pilkades 2021 di Kab. SBB khususnya di Desa Kamarian, Sabtu (16/10/21) pukul 11.00 wit.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Seram Bagian Barat AKBP BAYU TARIDA BUTAR BUTAR, S.I.K., melibatkan Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu AGUS TRIANTO,S.H.,M.H, Kadis Pemerintah Desa Kab. SBB M. PELLU,S.Pi, Kakesbangpol Kab. SBB S. PATTY, S.Sos, Kabag Ops Polres SBB KOMPOL M. MUSAAT, S.Hi, Kasat Intelkam Polres SBB IPTU MISSEN H. NGONGOBILI, Ketua Klasis Kairatu Pdt. Z. J. SAHERTIAN,S.Si, Camat Kairatu M. Y. HATALA, Penjabat Kepala Desa Kamarian M. SIWALETTE beserta Staf, Ketua BPD J. HEUMASSE dan Staf BPD Kamarian dan Pimpinan OPD terkait serta 3 (tiga) Calon Kepala Desa Kamarian.

Mengawalinya kegiatan Kapolres SBB membuka kegiatan rapat tersebut.
Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari permasalahan Polemik Pilkades di Desa Kamarian yang berimbas pada aksi pemblokiran jalan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang menolak Pilkades di Desa Kamarian yang tentunya aksi – aksi tersebut tidak Kita harapkan.
Permasalahan – permasalahan yang muncul silahkan saja diutarakan dan tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, justru dengan permasalahan kita menjadi dewasa akan tetapi jangan membuat aksi yang merugikan kepentingan umum seperti aksi pemblokiran jalan trans seram yang terjadi di desa kemarin sehingga meresahkan banyak pihak yang berimbas pada gangguan kamtibmas yang tentunya saya akan membentuk tim untuk menyelidiki hal tersebut, jelasnya.

IMG 20211016 104743
Apapun tindakan yang dilakukan Kepolisian adalah merupakan sebuah resiko namun resiko terkecilah yang kita ambil dan aksi kemarin sudah merupakan sebuah pelanggaran hukum, tambah Kapolres Bayu.
Mohon Kita semua bisa menjaga situasi Kamtibmas selama pentahapan Pilkades, pada prinsipnya Kami pihak TNI/Polri siap mengamankan dan mengawali Pilkades sampai dengan selesai, ucap Kapolres.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu AGUS TRIANTO,S.H.,M.H., menyampaikan berkaitan dengan Pilkades adalah Program pemerintah pusat yang sdh diatur dalam UU demi kemajuan Desa – desa di Kab. SBB.

Adanya penolakan terhadap Pilkades telah Kita ketahui bahwa sesuai aturan Hukum tentang Desa Adat (Perda) belum ada dan Kita tidak tahu kapan Perda diterbitkan, yang ada sekarang hanya pemilihan Kades untuk Desa Administratif, ungkapnya.

Untuk menjadi Desa adat dari Desa Administratif ada prosesnya dan dapat dipenuhi dalam aturan peralihan dan ditambahkan dalam produk Hukum misalnya Perda Adat, jika nanti Desa menginginkan menjadi Desa Adat ada prosedurnya tidak bisa dibuat atau diberlakukan dalam sekejap, jelasnya.

Senada dengan Kapolres dan Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kab. SBB M. PELLU,S.P,i, menjelaskan jika ada yg ingin membatalkan Pilkades pasti ada konsekuensi Hukumnya karena semua proses tersebut telah dianggarkan dan jika terjadi Pembatalan pihak yang bertanggung jawab adalah pihak yang membatalkannya.

 

IMG 20211016 134647
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Siap Menang dan Siap Kalah dan dilanjutkan dengan Penandatangan Deklarasi oleh 3 (tiga) Calon Kepala Desa yang setuju danbdisaksikan oleh Kabag Ops Polres SBB KOMPOL M. MUSAAT, SHi, Kasat Intelkam Polres SBB IPTU MISSEN H. NGONGOBILI, Kadis Pemdes Kab. SBB M. PELLU,S.Pi, Ketua Klasis Kairatu Pdt. Z. J. SAHERTIAN,S.Si, Camat Kairatu M. Y. HATALA, Penjabat Kepala Desa Kamarian M. SIWALETTE beserta Staf Ketua BPD J. HEUMASSE dan Staf BPD Kamarian dan Pimpinan OPD terkait.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri: Gangguan Kamtibmas dan Kecelakaan Lalu Lintas Menurun
Polri Buka Penerimaan Terpadu 2024 : Khusus Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama
Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
7 Korban Kebakaran Mampang Telah Dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati
Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
2.713 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Monas Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Silaturahmi Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang Sampaikan Pesan Ini Kepada Masyarakat
Polsek Jangkang Lakukan Patroli dan Sambang, Himbau Warga Jaga Kamtibmas
Polsek Sekayam Gelar Patroli ke SPBU Antisipasi Penyalahgunaan BBM
Antisipasi Kelangkaan BBM Patroli Polsek Beduai Sambangi SPBU Dusun Timaga
Kegiatan Rutin Polsek Toba Patroli Harkamtibmas Untuk Keamanan Bersama
Berikan Rasa Aman, Polsek Beduai Gelar Patroli Dialogis Di Malam Hari
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor