[language-switcher]
Beranda  Berita

Peringatan Hari Santri Nasional, Kapolres Lumajang : Santri Sebagai Tauladan di Masa Pandemi Covid-19

Lumajang,- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. menghadiri perayaan Hari Santri Nasional di Pendopo Bupati Lumajang, pada Jumat, 22 Oktober 2021 malam. Peringatan Hari Santri itu, mengambil tema “Bertumbuh, Berdaya dan Berkarya.

WhatsApp Image 2021 10 22 at 21.52.31

Tak lupa, pelaksanaan HSN tahun 2021 tersebut tetap berpedoman pada penerapan disiplin protokol kesehatan sebagai upaya memutus, sekaligus mencegah timbulnya klaster baru pandemi.

Beberapa pejabat, tampak hadir di lokasi itu, diantaranya Bupati Lumajang, Komandan Kodim, tokoh agama dan masyarakat hingga stakeholder lainnya.

Istighozah dan doa bersama dalam peringatan HSN kali ini yang terpusat di Pendopo Bupati Lumajang, juga diikuti secara virtual 6 Ponpes berbeda yang berada di Lumajang diantaranya Ponpes Miftahul Midad Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono, Ponpes Syarifuddin Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang, Ponpes Darun Najah Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko, Ponpes Yahtadi Desa Klakah Kecamatan Klakah, Ponpes Bustanul Ulum Desa Krai Kecamatan Yosowilangun, dan Ponpes Apita Nurus Salam Desa Jarit Kecamatan Candipuro.

WhatsApp Image 2021 10 22 at 21.52.28

Dalam sambutannya Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML menyampaikan rasa syukurnya bahwa peringatan HSN tahun 2021 ini dapat diselenggarakan meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam momentum HSN ini Thoriq juga mengajak untuk berdoa bersama berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita bisa bersama-sama memperingati Hari Santri Nasional, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, mari dalam Kegiatan Istighosah dan Doa Bersama ini sekaligus untuk meminta kepada Allah SWT agar Covid-19 dihilangkan dari bumi kita tercinta agar kehidupan kembali normal,” ulas Thoriq

Thoriq menyampaikan situasi pandemi Covid-19 di Lumajang semakin terkendali, angka penderita covid-19 sudah menurun, Thoriq juga berpesan agar seluruh masyarakat di Lumajang tetap waspada dan tetap disiplin menerapkan prokes.

WhatsApp Image 2021 10 22 at 21.52.30

“Situasi Pandemi Covid-19 di Lumajang sudah terkendali, angka penderita covid-19 telah menurun, namun kita tidak boleh lengah, kita masih tetap wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, semakin kita disiplin maka harapannya adalah Lumajang segera terbebas dari Covid-19,” harap Thoriq.

Tak Lupa Thoriq juga mengucapkan Selamat hari Santri, dengan peringatan hari santri ini Thoriq mengajak para santri agar terus tumbuh, memiliki daya saing, dan berkarya.

“Selamat Hari Santri, kepada para santri saya mengajak agar terus tumbuh, memiliki daya saing, dan berkarya, sehingga mampu berkontribusi positif dalam pembangunan,” imbuhnya.

WhatsApp Image 2021 10 22 at 21.52.27

Kapolres sesaat ditemui disela-sela acara menjelaskan, HSN digelar sebagai bentuk penghargaan sekaligus apresiasi peran Santri dalam keikutsertaannya menjaga keutuhan dan kedaulatan Indonesia, kala itu.

“Waktu itu, KH. Hasyim Asy’ari yang sebagai tokoh agama berperan dan ikut andil, ikut menjaga Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Beliau juga menggelorakan perjuangan demi tegaknya NKRI ketika masa penjajahan,” ujar AKBP Eka Yekti.

Atas dasar itulah, kata Kapolres, Presiden RI, Joko Widodo telah mengeluarkan Kepres nomor 22 tahun 2015, terkait penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Ia berujar, waktu mempertahankan kemerdekaan, para Santri berada di garda terdepan.

“Para Santri memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Kita berharap, dengan adanya peringatan Hari Santri ini, bisa dijadikan pedoman bagi Santri millenial lainnya untuk ikut serta menjaga keutuhan dan kedaulatan negara,” ujar AKBP Eka Yekti.

WhatsApp Image 2021 10 22 at 23.28.06

Kapolres menambahkan, peringatan HSN ini bisa dijadikan momentum para santri untuk melanjutkan perjuangan para pendahulunya, terutama di masa pandemi covid-19 ini.

“Ya, saya berharap dengan peringatan HSN ini, para santri memiliki semangat seperti pendahulunya, jika dulu Kyai Hasyim Asy’ari memimpin perjuangan melawan penjajahan, tentunya kini para santri bisa menauladani beliau, dengan peran sertanya dalam menghadapi masa pandemi covid-19, tentu saja dengan mengikuti vaksin dan memberi contoh disiplin menerapkan prokes, saya berharap Santri bisa menjadi tauladan bagi masyarakat untuk mendisiplinkan diri di masa pandemi covid-19” ulas AKBP Eka Yekti.

“Selamat Hari Santri, semoga para santri bisa tumbuh dan berdaya saing serta berkarya dalam pembangunan yang berkemajuan,” pungkasnya. (Humas Polres Lumajang)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Puslitbang Polri Gelar Rakernis 2024: Perkuat Fungsi Litbang untuk Transformasi Ekonomi Nasional
Polri Buka Penerimaan Anggota Baru, Catat Tanggal dan Syarat Pendaftarannya!
Korbrimob Polri Gelar Apel Konsolidasi Antisipasi Kontijensi Jelang PHPU 2024
Tingkatkan Kemampuan, Korps Brimob Polri Laksanakan Dikbangspes Jungle Warfare Dan Pelatihan Pra Operasi “Amole-2024”
2.000 Personel Bintara Polri Resmi Ikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi
Bareskrim Ungkap Penyelundupan Sabu dan Ekstasi Libatkan Karyawan Maskapai Pesawat
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polda Jatim Terapkan KRYD Antisipasi Arus Balik Mudik Tahap Dua
Kapolsek Mulak Ulu Gelar "Jum'at Curhat" di Desa Muara Tiga
Polres Bandara Ngurah Rai Gelar Acara Pisah Sambut Kabag Ops
Polsek Amuntai Tengah Kunjungi Desa Palimbang Sari
Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Alas Gencarkan Patroli Malam
Polres OKI Hadiri Kegiatan Wasops Ketupat Musi 2024 bersama Tim Itwasum Polri
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor