Polda Kalsel

Polda Kalsel Gelar Rakor Pengelolaan Keuangan Negara

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran, Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) Pengelolaan Keuangan Negara Akhir Tahun 2021. Rakor tersebut diselenggarakan di Aula Kanwil Perbendaharaan Banjarmasin, Selasa (26/10/2021) pukul 10.00 Wita.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. dihadiri Pejabat Utama Polda Kalsel, Kepala KPPN Banjarmasin, Kepala KPP Pratama Banjarmasin dan Kasi Keu Jajaran Polda Kalsel.

Wakapolda Kalsel mengatakan bahwa pengelolaan keuangan negara yang mencakup keseluruhan kegiatan perencanaan, penguasaan, penggunaan, pengawasan dan pertanggungjawaban wajib dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Untuk itu, melalui kegiatan ini, Wakapolda Kalsel berharap dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pengemban fungsi keuangan Polda Kalsel sebagai pelaksana teknis fungsi keuangan yang  mampu mengawal, mengamankan dan mempertanggung jawabkan keuangan negara yang dikelola dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku.

Tidak hanya itu, Jenderal Bintang Satu di pundak ini juga menekankan kepada seluruh peserta untuk segera melakukan perubahan pola pikir (mind set) dan budaya (culture set) yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan jaman dan tuntutan masyarakat yang menghendaki keterbukaan dalam pengelolaan keuangan negara sesuai amanat Undang-Undang Keuangan Negara.

“Para pengemban fungsi keuangan harus selalu memberikan bimbingan teknis tentang pengelolaan keuangan negara secara berlanjut dan berkesinambungan, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan Polri agar sesuai dengan standar akuntansi Pemerintahan,” imbuhnya.

Related Posts