[language-switcher]
Beranda  Berita

Pengemudi Demensia Lawan Arah di Tol JORR Berujung Status Tersangka

Jakarta – Kasus pengemudi Mercedes-Benz E300 inisial MSD (67) yang melawan arah di Tol JORR memasuki babak baru. Pengemudi MSD (67), pengidap demensia telah ditetapkan sebagai tersangka.
Peristiwa pengemudi Mercy lawan arah di Tol JORR ini terjadi pada Sabtu (27/11). Aksi pengemudi MSD ini mengakibatkan dua kendaraan tertabrak.

“Sudah diadakan gelar perkara terhadap pengemudi Mercy tersebut. Jadi statusnya sudah jadi tersangka,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11).

Meski begitu polisi tidak melakukan penahanan kepada pengemudi MSD. Sambodo mengatakan pihaknya hanya menyita mobil Mercy milik pengemudi tersebut.

Menurut Sambodo, pihaknya bersikap transparan dan adil dalam menangani perkara pelanggaran lalu lintas tersebut. Penyidik, kata Sambodo, tidak memandang kendaraan dan status saat melakukan penindakan.

“Mercy itu masih kami sita dam tahan. Jadi nggak benar ‘mentang-mentang Mercy terus dilepaskan’. Tidak, masih kami tahan,” tegas Sambodo.

Usai polisi menetapkan status tersangka kepada pengemudi MSD, Sambodo menegaskan proses penyelidikan masih berlangsung. Dia mengatakan hari ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan kejiwaan kepada pengemudi MSD.
“Rencana hari ini akan ada pemeriksaan terhadap pengemudi Mercy dan undang ahli kejiwaan, sehingga untuk memastikan yang bersangkutan memang mengidap demensia atau pikun,” katanya.

Sambodo mengatakan hasil pemeriksaan kejiwaan kepada MSD akan menentukan kelanjutan status tersangka yang saat ini telah ditetapkan polisi. Jika nantinya MSD terbukti mengidap demensia, status tersangka itu dimungkinkan bisa gugur.

“Hasil pemeriksaan ahli kejiwaan kami konsultasikan dengan ahli pidana, apa hasil pemeriksaan kejiwaan ini gugurkan pidananya. Kalau gugur ada aturan hukumnya kalau tak menggugurkan pasti kami lanjutkan prosesnya,” terang Sambodo.

Kasus MSD yang mengemudikan Mercy miliknya melawan arah dan mengakibatkan kecelakaan di Tol JORR terjadi pada Sabtu (27/11). MSD sendiri diketahui merupakan pensiun PNS.

Dari keterangan keluarga, MSD disebut mengidap penyakit demensia. Namun, polisi masih akan melakukan pembuktian dengan memeriksa MSD dengan bantuan ahli kejiwaan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan MSD tidak diizinkan untuk mengemudi dan pergi sendiri sejak dinyatakan mengidap demensia dua tahun lalu. Namun, pada Sabtu (27/11) pihak keluarga mengaku lengah.

Jadi orang ini bawa mobil memang tidak diperbolehkan sejak terkena kondisi seperti itu (demensia). Nah, kebetulan saat itu keluarga ini sedang tidak dalam pengawasan keluarganya jadi ditinggalin sendirian di rumah, jadi ini kejadian pertama kalinya. Jadi nggak nyangka tiba-tiba bawa mobil seperti itu, jadi kecolongan,” jelas Argo saat dihubungi, Senin (29/11).

Pengemudi tersebut masuk tol melalui GT Cakung. Setiba di Tol JORR Rorotan, dia putar balik dengan mengakses putaran khusus petugas lalu melawan arah dan terjadilah tabrakan.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Polri Kawal Pemudik Sepeda Motor: Zona Penyangga- Pelabuhan
Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Persiapkan jalur mudik lebaran, satlantas Polres Boyolali gandeng Dishub Perbaiki 30 Titik lampu Penerangan Jalan Nasional
Dirikan TPQ Gratis Untuk Warga, Begini Peran Bhabinkamtibmas Aipda Hartono
Antisipasi Kecurangan dan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi, Polres Pasaman Gelar Patroli Dialogis Kesejumlah SPBU
Jum’at Agung, Polsek Kedungjati, Polsek Wirosari dan Polsek Kradenan Gelar Pengamanan
Deddy Dores CS Hanya Butuh Satu Menit Untuk Mencuri Motor, Sudah Beraksi di 20 TKP di Palembang
Polres Simalungun Intensifkan Pengawasan SPBU Jelang Mudik Lebaran 1445 H untuk Hindari Kecurangan
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor