[language-switcher]
Beranda  Berita

Cegah Timbulnya Penyakit, Polres Tegal Kota Bersama Warga Muarareja Gelar Bersih-bersih Lingkungan

img 20211204 wa00909019139322529971728

Kota Tegal – Warga Kelurahan Muarareja bersama jajaran Polres Tegal Kota melakukan aksi peduli lingkungan melalui kegiatan bersih-bersih dilingkungan TPI dan Pantai Muarareja, Sabtu (4/12/2021).
.
Meski kegiatan tersebut dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19, warga bersama unsur Forkopimcam Tegal Barat serta anggota jajaran Polres Tegal Kota tetap antusias bergotong-royong membersihkan lingkungan TPI dan Pantai Muarareja dari limbah dan sampah-sampah plastik.
.
Aksi bersih-bersih yang dilakukan warga pun mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Tegal dan jajaran kepolisian Polres Tegal Kota melalui program Polisi Turun Kampung.
.
Lurah Muarareja Supriyadi Yos, S.H, M.Si mengatakan, tujuan dari aksi bersih-bersih dilingkungan TPI dan Pantai Muarareja kali ini yaitu untuk meningkatkan kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan wabah penyakit maupun bencana banjir apalagi saat ini sedang musim rob air laut juga musim penghujan.
.
Sebab kata bang Yos sapaan Pak Lurah , sungai disekitar TPI Muarareja ini apabila hujan deras ataupun musim rob air laut sering meluap, sehingga apabila banyak sampah-sampah plastik atau kotoran-kotoran yang berserakan ini bisa menyebabkan timbulnya penyakit bagi warga nelayan yang tinggal disekitar TPI maupun Pantai Muarareja.
.
“Tentunya supaya sungai dan TPI Muarareja ini bisa terjaga kebersihannya dan dapat berfungsi sesuai peruntukannya,” kata bang Yos.
.
Bang Yos berharap melalui aksi peduli lingkungan ini, kolaborasi antara warga, pemerintah daerah dan jajaran Kepolisian dari Polres Tegal Kota kedepan dapat terjalin lebih erat lagi.
.
“Dengan aksi gotong-royong yang gencar, dampaknya sangat terasa. Khususnya untuk kondisi lingkungan TPI dan Pantai Muarareja akan menjadi lebih bersih dan tidak tercemari oleh sampah-sampah,”pungkasnya.

img 20211204 wa00884589153859436299007

Sementara itu Kaolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengungkapkan, keterlibatan anggota jajarannya dalam kegiatan bersih-bersih di TPI Muarareja saat ini karena sejalan dengan program Polisi Turun Kampung dari Polres Tegal Kota.
.
Kapolres menilai, kegiatan ini menjadi langkah preventif untuk mengurangi dan mencegah dampak yang akan timbul dari banyaknya sampah-sampah plastik yang menumpuk di sekitar TPI dan sungai Muarareja.
.
“Kegiatan ini sangat sejalan dengan program kami yaitu Polisi Turun Kampung, membantu masyarakat Kota Tegal diantaranya untuk menggerakan masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan utamanya pada sampah-sampah plastik yang banyak menumpuk dan berserakan disekitar TPI Muarareja ini,”terang Kapolres.
.
Kapolres juga menambahkan, kedepan pihaknya akan membuat program bank sampah. Tujuannya untuk menampung kusus sampah-sampah plastik dan nantinya sampah itu akan kita hargai dengan uang cas, serta selanjutnya akan dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup. Ini semua untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat bahwa sampah itu memang harus dibersihkan dari lingkungan mereka karena dapat menghambat dan mencemari lingkungan, “tambahnya.
.
Kapolres berharap dengan kegiatan bersih-bersih ini dapat menjadi stimulan bagi warga nelayan yang tinggal disekitar TPI Muarareja untuk tidak membuang sampah sembarangan, lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan untuk selalu menjaga kesehatan, “pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Buka Penerimaan Terpadu 2024 : Khusus Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama
Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
7 Korban Kebakaran Mampang Telah Dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati
Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
2.713 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Monas Hari Ini
Pusat Keuangan Polri Gelar FGD Bahas Penetapan Hari Jadi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Penyegaran Kemampuan Personil Samapta  Unjuk  kemampuan di Halaman Polresta Balikpapan
Jumat Berkah Kapolres Bontang Sapa Warga Bontang Kuala
Peduli Lingkungan, Kapolres Bontang pimpin aksi bersih pesisir Bontang Kuala
Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembacokan di Lokalisasi Tulang Bawang Barat
Jaga Harkamtibmas Polsek Batu Sopang Giatkan Patroli Dialogis Sambangi Warga
Kapolres Tuba Ucapkan Terima Kasih dan Berikan Apresiasi Semua yang Terlibat Ops Ketupat Krakatau 2024
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor