Polda Kaltim, SATWIL

Brimob Kaltim Turut Serta Simulasi Emergency Drill di Pertamina Balikpapan

Balikpapan – Suasana disekitar Kilang Pertamina tepatnya di depan pintu V, Senin (6/12/2021) dibuat mencekam, ratusan warga berujuk rasa menuntut pembukaan akses dan ganti rugi sebagai dampak akibat kebakaran kilang Balikpapan.

Massa yang awalnya datang memprotes kebijakan managemen Pertamina yang menutup jalan karena adanya insiden kebakaran kilang. Massa tidak Terima karena merasa penutupan jalan merugikan ekonomi warga. Disamping itu ekses kebakaran menyebabkan warga harus menghirup polusi udara.

Kedatangan warga ini bermaksud untuk menemui managemen, meminta ganti rugi dan pembukaan jalan.

Sementara di dalam areal kilang yang terbakar petugas berjibaku menjinakan api yang berkobar di area tanki kilang Balikpapan.

Pengamanan kali ini menurunkan petugas keamanan yakni samapta dan Pasukan Brimob Polda Kaltim. Namun situasi memanas dengan makin bertambah jumlah pendemo.

“Ini merupakan simulasi yang mungkin terbesar sampai emergency level 2, kita berharap bisa jadi pembelajaran, kekurangan-kekurangan apa yang ada disini akan jadi catatan pembelajaran di bersama,” kata Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK.

Masih Dansat Brimob Polda Kaltim mengatakan, latihan ini melibatkan semua stakeholder baik dari Pemkot, Kepolisian maupun TNI, berkaitan dengan persoalan yang dihadapi baik ancaman internal maupun eksternal.

“Internal tadi misalnya ada kebakaran kilang, eksternal misalnya ada demo. Ini yang harus kita sama-sama atasi sehingga tidak berpengaruh dengan masyarakat maupun dampak yang lain,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Ini juga akan jadi pedoman SOP kami apa saja yang harus dilakukan TNI Polri apabila ada kebakaran, demo yang otomatis kami membantu bagaimana mengisolasi permasalahan yang ada dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kejadian yang sebenarnya, sehingga masyarakat paham dan tidak akan menimbulkan korban yang ada,” tutup Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Humas Polda Kaltim

Related Posts