[language-switcher]
Beranda  Berita

Penjelasan Kapolresta Denpasar Terkait Kematian WNA Inggris di Badung

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut terkait meninggalnya warga negara asing (WNA) asal Inggris, Matthew Harper, polisi memastikan bule tersebut meninggal karena bunuh diri, bukan akibat pembunuhan.

“Jadi kami simpulkan dari bukti-bukti yang ada hasil autopsi, hasil pemeriksaan laboratorium forensik, kemudian analisa CCTV dan keterangan saksi-saksi. Kami dapat simpulkan bahwa akibat meninggalnya korban ini, akibat bunuh diri,” ujar Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan didampingi Kasat Reskrim Kompol Mikael Hutabarat saat pers rilis pengungkapan peristiwa tersebut di lobby depan Mapolresta Denpasar, Bali, Rabu 19 Januari 2022.

Matthew Harper, kelahiran Birmingham 24 November 1974, merupakan mantan koki di restoran Karma, Kuta Selatan, Badung, yang memiliki paspor nomor 1258021.

Matthew ditemukan meninggal di Perumahan Samatha Citra, Kuta Blok A/8, Lingkungan Taman Giri, Mumbul, Kelurahan Benoa, Kuta Selatan, yang diketahui rumah milik Rizka Nirmalasari alias Ica, kerabat Emmy yang merupakan pacar Harper.

Jansen menyebutkan hasil pemeriksaan auutopsi jenazah Harper yang dilakukan pihak Instalasi Kedokteran Forensik Rumah Sakit Umum Pusat (IKF RSUP) Sanglah, Denpasar, Senin 17 Januari 2022 sekitar pukul 08.43 Wita, ditemukan ada 10 luka, di antaranya luka tusuk dengan lebar 3 cm dan panjang saluran 15 cm pada bagian dada, tepatnya pada garis pertengahan depan juga pada perut kanan bawah ditemukan juga ada 2 sudut lancip.

Sedangkan pada perut bawah kiri, mempunyai 1 sudut lancip dan 1 sudut tumpul. Berdasarkan hasil itu, petugas menyebutkan, luka tersebut akibat senjata tajam jenis pisau dapur dengan lebar 3 cm dan panjang 15 cm.

Jansen juga mengatakan, luka tusuk pada garis pertemuan depan dan perut kanan bawah Harper, diduga senjata diayunkan lalu menusuk tubuh, sedangkan pada perut kanan bawah ditusuk secara tegak lurus.

“Dilihat dari pola dan gambaran luka benda tajam, bahwa luka-luka tersebut berlokasi pada bagian tubuh yang bisa dijangkau dan ada organ vital di bagian tersebut hingga mengakibatkan korban meninggal dunia,” terang Jansen.

Di bagian leher Harper juga ditemukan luka iris yang tidak terlalu dalam, tepatnya di samping kiri leher dan samping kanan leher, hasil pemeriksaan Harper mencoba melakukan tindakan tersebut dengan ragu-ragu.

Petugas juga memastikan, kejadian ini bukan karena pembunuhan. Hasil pemeriksaan pada pakaian korban juga tidak terlihat ada robekan akibat benda tajam.

“Dipastikan luka-luka tersebut dilakukan sendiri oleh korban. Luka tusuk pada perut kanan bawah memotong pembuluh nadi usus utama bagian kanan yang mengakibatkan pendarahan,” lanjutnya.

Volume darah dari luka yang ditusuk ke arah perutnya sendiri, membuat darah tertimbun dalam rongga perut diperkirakan hingga 950 milimeter.

Jansen menjelaskan, volume darah itu sudah bisa mengakibatkan kematian karena melebihi dari satu pertiga darah yang mengalir dalam tubuhnya.

“Penyebab meninggalnya korban karena luka tusuk pada perut kanan bawah yang mengenai pembuluh darah besar atau alteri yang dilakukan oleh korban sendiri,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri Buka Penerimaan Anggota Baru, Catat Tanggal dan Syarat Pendaftarannya!
Korbrimob Polri Gelar Apel Konsolidasi Antisipasi Kontijensi Jelang PHPU 2024
Tingkatkan Kemampuan, Korps Brimob Polri Laksanakan Dikbangspes Jungle Warfare Dan Pelatihan Pra Operasi “Amole-2024”
2.000 Personel Bintara Polri Resmi Ikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi
Bareskrim Ungkap Penyelundupan Sabu dan Ekstasi Libatkan Karyawan Maskapai Pesawat
2 Ribu Bintara Ikuti Pendidikan Sekolah Perwira Angkatan Ke-53 di Setukpa Lemdiklat Polri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Jaga Kekondusifan, Polres Tebing Tinggi Laksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan
Bhabinkamtibmas Polsek Padang Hilir Problem Solving Pasangan Bukan Suami Istri
Ajak Jaga Kamtibmas, Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Kunjungi Hotel Rembulan
Jalin Kedekatan, Binmas Polres Tebing Tinggi Beri Imbauan kepada Pengurus Pondok Pesantren.
Olah Raga Bersama Pertandingan Bulutangkis Dengan Kodim 0720 Rembang Dalam Rangka Sinergitas TNI/POLRI
Akhirnya Berdamai, Satreskrim Polres Aceh Timur Hentikan Kasus Dugaan Pengeroyokan di Peureulak
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor