[language-switcher]
Beranda  Berita

Tim Gabungan Polres Asahan dan Lanal TBA Tangkap Bos Pemilik Kapal Pengangkut 52 PMI Ilegal

ASAHAN | Tim gabungan Polres Asahan bersama Lanal TBA kembali mengamankan seorang pria yang terlibat kasus Perkara Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) terhadap 52 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal.

Pria berinisial JM alias Jon (57) warga Dsn. VI Mangga II Desa Ambalutu Kec. Bandar Pasir Mandoge Kab. Asahan diamankan petugas pada hari Jumat tanggal 21 Januari 2022 sekira pukul 17.00 wib di sebuah warung yang terletak di Jalan Lingkar (Jendral Sudirman) KM 5,5 (Batu Lima l) Kel. Sijambi Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai dengan barang bukti 1 (satu) unit Handphone merk OPPO A12 Warna Biru.

“Jadi pelaku JM ini merupakan pimpinan / bos dari para pelaku yang sebelumnya telah diamankan petugas pada hari Kamis tanggal 06 Januari 2022 sekira pukul 23.00 Wib di Perairan Lampu Putih Desa Bagan Asahan Kec. Tanjung Balai Kab. Asahan,”kata Kapolsek Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Sabtu (22/1/2022).

Kapolres menjelaskan pelaku JM diamankan petugas berdasarkan pengembangan dari pelaku perempuan berinisial Y alias Nani (42) warga Jalan Zenaha Lk. VII Kel. Pematang Pasir Kec. Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, pada hari Jumat tanggal 21 Januari 2022 sekira pukul 17.00 Wib.

“Dari keterangan pelaku Y alias Nani, didapat bahwa ianya   mengaku disuruh sebagai pemilik kapal oleh orang sebenar nya sebagai asli pemilik kapal yang sudah 8 (delapan) kali membawa PMI ke Malaysia yang berinisial JM alias Jon, guna menyamarkan identitas asli dari pemilik kapal,” jelasnya.

Kapolres menambahkan pelaku JM alias Jon memiliki peran sebagai pemilik dari kapal yang digunakan membawa PMI ke Malaysia dan berkomunikasi dengan para agen agen keberangkatan PMI, serta yang menyuruh pelaku JD alias Tuah untuk membawa PMI ke Malaysia dan memberikan upah kepada pelaku JD alias Tuah.

“Sedangkan pelaku Y alias Nani,  hanya sebagai tukang mengobati kapal agar selamat di jalan yang sudah diberikan upah Rp. 500.000,- ( lima ratus ribu rupiah ) untuk membeli rempah rempah sebagai obat kapal oleh pelaku JM alias Jon dan jika kapal sampai kembali dengan selamat ke NKRI, pelaku JM alias Jon akan memberikan lagi upah Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) kepada pelaku Y alias Nani,” ungkapnya.

Saat ini pelaku JM alias Jon masih dalam pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas di Sat Reskrim Polres Asahan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

KRYD Antisipasi Gangguan Kamtibmas pada Hari Paskah di Perbatasan Sungai Menang dan Cengal
KRYD Gabungan Polsek Zona 1 Berhasil Amankan Kendaraan Curian
Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Unit Tipidter Polres Pohuwato Cek Sejumlah SPBU di Kabupaten Pohuwato
Bulan Ramadhan, Sat Samapta Polres Rembang Gelar Pam Sholat Jum'at Di Masjid Agung Rembang
Apel Antisipasi Gangguan Kamtibmas pada Hari Paskah
Pengamanan Peribadatan Umat Kristiani Berjalan Lancar di Mesuji
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor