[language-switcher]
Beranda  Berita

Sat Reskrim Berhasil Tangani Kasus Penggelapan 31 Sertifikat Tanah, Polres Melawi Terima Piagam Penghargaan Dari Pemerintah Desa Sungai Pinang

POLRES MELAWI, POLDA KALBAR – Polres Melawi menerima penghargaan dari Pemerintah Desa Sungai Pinang Kecamatan Pinoh Utara. Hal tersebut menyusul keberhasilan Sat Reskrim Polres Melawi dalam menangani kasus penggelapan 31 sertifikat tanah milik 25 orang warga Desa Sungai Pinang.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Desa Sungai Pinang, Syafe’i dan diterima oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. yang diwakili oleh Kasat Reskrim Polres Melawi AKP I Ketut Agus Pasek Sudina, S.I.K., M.H. di depan ruang Sat Reskrim Polres Melawi, Rabu (26/1/2022).

Terkait kasus penggelapan tersebut, Kasat Reskrim Polres Melawi menerangkan kasus tersebut dapat ditangani oleh jajarannya melalui upaya mediasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam kasus tersebut.

AKP Ketut Agus pun menjelaskan, kasus tersebut bermula dari adanya pengaduan salah satu korban atau pemilik sertifikat ke pihaknya, yaitu MJS (57), warga Desa Sungai Pinang pada tanggal 6 Desember 2021. Dari keterangannya, diketahui bahwa sertifikat yang digelapkan merupakan hasil dari program PRONA yang kemudian diserahkan Pemerintah kepada warga melalui pemerintah desa.

“Kemudian, ada seorang oknum warga atau pihak terlapor, yaitu SB (41) yang datang ke petugas yang membagikan sertifikat dan meminta sertifikat-sertifikat tersebut dengan mengaku bahwa hal tersebut merupakan permintaan warga dikarenakan butuh duit untuk natal dan kemudian petugasnya menyerahkan 31 sertifikat kepada SB, padahal sebenarnya hal tersebut tanpa sepengetahuan warga pemilik sertifikat,” jelasnya.

Lanjutnya, “Oleh SB, sertifikat-sertifikat tersebut digadaikan kepada F (43) yang merupakan warga Desa Kelakik Kecamatan Nanga Pinoh.”

Berdasarkan pengaduan tersebut, AKP Ketut Agus mengungkapkan, pihaknya kemudian melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pihak terlapor, pelapor dan saksi-saksi yang mengetahui tentang kejadian tersebut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, juga atas permintaan dari kedua belah pihak, kemudian dilakukan upaya mediasi oleh Sat Reskrim Polres Melawi guna untuk penyelesaian terhadap kasus tersebut.

“Jadi, karena ada iktikad baik dari pihak terlapor, sehingga baik pelapor maupun terlapor, semuanya sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan dan per hari ini kasus ini telah tuntas. Laporannya juga sudah dicabut oleh pihak pelapor sendiri,” ungkapnya.

“Untuk sertifikat yang sebelumnya kami sita sebagai barang bukti, hari ini juga kami serahkan kepada warga melalui Kepala Desa Sungai Pinang. Nantinya Kepala Desa yang menyerahkannya secara langsung kepada warga,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Pinang Syafe’i yang menjadi perwakilan warga untuk menerima sertifikat tanah menyampaikan apresiasinya kepada Polres Melawi yang telah menangani kasus penggelapan sertifikat tanah yang dialami oleh sejumlah warganya.

Dan sebagai bentuk apresiasi tersebut, Pemerintah Desa Sungai Pinang Kecamatan Pinoh Utara pun menyerahkan piagam penghargaan kepada Polres Melawi.

“Piagam penghargaan ini merupakan wujud terima kasih warga Desa Sungai Pinang khususnya para pemilik sertifikat yang menjadi korban dalam kasus ini,” tuturnya.

“Saya mewakili Pemerintahan Desa Sungai Pinang Kecamatan Pinoh Utara beserta para warga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polres Melawi, terlebih kepada Sat Reskrim Polres Melawi yang telah membantu menyelesaikan permasalahan penggelapan sertifikat tanah ini,” tutupnya.

Penulis: Alif/Humas Polres Melawi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Ucapkan Selamat Jumat Agung : Jaga Toleransi dan Kuatkan Persatuan Kesatuan
Kasespim Lemdiklat Polri Pimpin Upacara Pembukaan Dikbangum Sespimma Angkatan Ke 71 Tahun 2024
Humas Polri Hadirkan Portal Humas, Mudahkan Akses Informasi dan Citizen Journalism
Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Ratusan Personel Polres Banjarnegara Amankan Rangkaian Perayaan Paskah Serta Libur Panjang
Polsek Plosoklaten Giat Patroli Rutin di Perbankan 
Anggota Polsek Kepung Patroli Obyek Vital Sambang di Minimarket 
Kepolisian Resor Boyolali Memastikan Pengamanan Ibadah Jum'at Agung Umat Berjalan Lancar.
Briptu Indra Maulana Sambangi Warga Kampung Suaran
Anggota Polsek Pare Patroli Keramaian Sambang di Tukang Parkir
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor