[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda Jabar Gelar Konferensi Pers Terkait Aksi Unjuk Rasa Ormas GMBI yang Berujung Ricuh

725 pedemo dari organisasi masyarakat (Ormas) GMBI diamankan Polda Jabar. Mereka melakukan aksi demo yang berujung perusakan di depan Markas Polda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung pada Kamis (27/1/2022).

Massa aksi melakukan demo anarkis dengan merusak fasilitas umum hingga fasilitas Polda Jabar.

“Saat ini kami sudah amankan 725 orang. 301 di antaranya bertato dan 24 orang residivis,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar menjelaskan aksi demo tersebut dilakukan massa GMBI yang merasa tak puas dengan penanganan perkara di Karawang. Padahal, kata Kabid Humas Polda Jabar, proses penanganan perkara itu sudah dilakukan dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Demo kemudian berujung anarkis. Massa lantas melakukan sejumlah pelemparan batu ke arah petugas dan merusak fasilitas Mapolda Jabar seperti gerbang hingga taman.

“Kerusakan yang terjadi gerbang pintu, kolom baja, 64 kepala pagar patah, tiga pagar patah, lima lampu taman rusak, rambu-rambu tanda dilarang parkir, teralis, penyangga dudukan, hingga taman depan Polda rusak,” Ungkap Kabid Humas Polda Jabar.

Adapun ratusan orang itu digiring masuk ke lapangan halaman Polda Jawa Barat. Mereka diminta duduk ketika polisi lakukan pendataan. Selain mendata, Polda Jabar juga melakukan tes urine terhadap seluruh anggota GMBI tersebut. Dari tes sementara, Kabid Humas Polda Jabar mengatakan beberapa anggota ormas tersebut positif narkoba.

“Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan enam senjata tajam, namun kendaraan yang diamankan milik para anggota tersebut belum digeledah,” katanya.

Selain itu, kata Kabid Humas Polda Jabar, Polda Jabar turut mengamankan 278 kendaraan milik para anggota ormas. Sebanyak 193 di antaranya merupakan kendaraan roda dua dan 85 kendaraan roda empat.

“Sebagian di antaranya telah dilakukan pengecekan terkait dokumen kelengkapan kendaran dan ditemukan 76 kendaraan yang memiliki data yang tidak sesuai,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Jabar mengatakan ke-725 orang tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan. Belum ada tersangka dalam aksi demo berujung ricuh tersebut. “Kita akan melakukan sesuai prosedur yang ada. Kita akan estafet melakukan klarifikasi siapa yang memenuhi unsur pidana. Untuk situasi satu ini sudah terkendali dan sudah aman,” tutur Kabid Humas Polda Jabar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Polri: Gangguan Kamtibmas dan Kecelakaan Lalu Lintas Menurun
Polri Buka Penerimaan Terpadu 2024 : Khusus Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama
Densus 88 Tangkap 8 Teroris Jamaah Islamiyah Poso
7 Korban Kebakaran Mampang Telah Dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati
Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
2.713 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Monas Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pengendara Motor Jatuh Lalu Tewas Tertabrak Truk Di Pracimantoro, Polisi Lakukan Olah TKP
Silaturahmi Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Batang Tarang Sampaikan Pesan Ini Kepada Masyarakat
Polsek Jangkang Lakukan Patroli dan Sambang, Himbau Warga Jaga Kamtibmas
Polsek Sekayam Gelar Patroli ke SPBU Antisipasi Penyalahgunaan BBM
Antisipasi Kelangkaan BBM Patroli Polsek Beduai Sambangi SPBU Dusun Timaga
Kegiatan Rutin Polsek Toba Patroli Harkamtibmas Untuk Keamanan Bersama
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor