[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Sarolangun bersama Polda Jambi Dan Tim Terpadu Gelar Operasi Tambang Liar Di Batang Asai

Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan lingkungan hidup agar tetap terpelihara di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun Tim Terpadu melaksanakan operasi penertiban Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) dibeberapa lokasi Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun.

Mengawali kegiatan seluruh tim melaksanakan apel konsolidasi di Kantor Polsek Batang Asai dipimpin Dir Krimsus Kombes Christian Tory Polda Jambi didampingi Kapolres Sarolangun diwakili Kabag Ops Kompol A. Bastari, SH, MH, Asisten 1 Pemkab Sarolangun Drs. Arief Ampera, TNI (Koramil Batang Asai), Kasat Pol PP, KPHP Sarolangun dan para Perangkat Desa Kecamatan Batang Asai.

”Hari ini agenda yang akan kami lakukan adalah menertibkan Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) dengan harapan agar lingkungan tidak terdampak kerusakan dan masyarakat tidak resah dengan adanya aktivitas tambang yang tidak memiliki izin,” jelas Kombes Pol Kombes Christian Tory.

Metode atau cara bertindak dalam operasi penertiban ini adalah dengan membagi 2 tim dengan kekuatan keseluruhan 148 orang.

Untuk Tim 1 sebanyak 70 personil gabungan di pimpin oleh Dir Krimsus di dampingi Asisten 1, Kabag Ops, Unsur Tripika Kecamatan Batang Asai,, sementara Tim 2 sebanyak 70 personil di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP Rendie Rienaldy, Sik, MH Tambah Christian Tory.

Dalam kegiatan operasi ini pihak kepolisian akan mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan operasi dengan harapan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat dilakukannya penegakan hukum atau penertiban tambang tambang liar tersebut,” pungkas Kombes Pol Christian Tory.

Dir Krimsus Kombes Pol Christian Tory saat dikonfirmasi mengatakan,”saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang selama ini melakukan penambangan secara ilegal untuk menghentikan aktivitasya agar lingkungan atau alam di sekitar tempat tinggal kita tidak rusak,” tegasnya

Dari razia ini, mengamankan sejumlah peralatan tambang yang diduga digunakan untuk penambangan emas tanpa ijin berupa satu unit Alat Berat eskapator merek Hyundai (dipolice line) dan ditempat terpisah juga ditemukan Box penyaring emas, mesin dompeng, spiral / pipa, pondok penambang dan dilokasi penambangan dilakukan pemusnahan / pembakaran barang temuan di beberapa titik yaitu Desa Tambak Ratu, Desa Batu Empang dan Desa Sungai Keradak.

“Untuk barang bukti kali ini, kami mengamankan sejumlah mesin dompeng yang digunakan para penambang, pipa / spiral dan box penyaring. Selanjutnya bersama TNI-Polri, Dinas KPHP, Satpol PP, Unsur Tripika Batang Asai dan para Kepala Desa Batang Asai,” tuturnya.

“Pada tengah malam nya , Tim melakukan penyisisiran ke titik di Desa Tambak Ratu dan berhasil menemukan 1 unit alat berat yang diduga digunakan pelaku PETI.”

Disampaikan Kombes Pol Christian Tory bahwa TIM mengamankan satu unit alat berat (Exapator) pada pukul 00.00 wib ditengah hutan yang ditinggalkan para pelaku dan ditutup menggunakan terpal serta daun dan ranting, guna mengelabui para petugas.

Kita langsung mengambil tindakan mengamankan komputer dan juga monitor alat berat untuk dilakukan penyelidikan siapa pemilik alat berat tersebut.

” Barang bukti kita bawa ke Polres Sarolangun untuk ditindaklanjuti penyelidikan, ” lanjutnya.

“Saya sudah tau kondisi di Batang Asai ini, dan saya akan monitor pantau terus, apabila masih ada kegiatan disini maka saya akan turun kembali namun dengan strategi yang lain,” tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Buka Puasa Bersama Wartawan, Kadiv Humas Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Polwan dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Sejak Januari 2024, Pori Ungkap 17 Kasus Penyimpangan BBM Oleh SPBU
Sidang Hari Kedua, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
Polri Siapkan 3 Jalur Alternatif Pantura Antisipasi Banjir Demak-Kudus
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Aiptu Ruli Gumilang Laksanakan Penjagaan Dan Pamtur Lalin Di Depan Sekolah
Satlantas Polres Pelalawan di SMPN 1, Dalam Rangka Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning 2024
Si-Dokkes Polresta Pekanbaru Cek Kesehatan, Berikan Vitamin dan Obat-obatan Personel Pos PAM
Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Kapolsek Pantee Bidari Datangi SPBU
Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Polsek Robatal Masifkan Patroli Malam Di Bulan Ramadhan
Pesan Kapolda Riau Saat Safari Ramadhan di Masjid Muthmainnah
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor