[language-switcher]
Beranda  Berita

Cegah Penyebaran Wabah PMK, Petugas Gabungan Awasi Jual Beli Hewan ternak Di Pasar Hewan Bumiayu

Brebes –  Petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Bumiayu Polres Brebes bersama Koramil Bumiayu, Dinas Peternakan Kab. Brebes  dan BPBD Kec Bumiayu melakukan pengawasan dan pemantauan di Posko Pasar Hewan Bumiayu. Sabtu, (06/08/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk antisipasi penularan PMK yang dewasa ini sudah merebak di Wilayah jawa Tengah. Petugas gabungan menyampaikan imbauan kepada masyarakat pengunjung pasar hewan baik penjual atau pembeli agar selalu menjaga kebersihan hewan dan kandang ternak.

Selain penyampaian imbauan, petugas juga melakukan pemeriksaan hewan ternak dan kendaraan yang digunakan memuat hewan ternak yang diperjualbelikan.

Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu sinergitas petugas gabungan dalam rangka mencegah penularan PMK.

Selain melakukan pengawasan dan pemantauan di pasar hewan, pihaknya telah mengisntruksikan secara khusus kepada anggota terutama Bhabinkamtibmas agar selalu sambang ke wilayah binaan dan mengecek warga yang memelihara ternak sapi ataupun kambing.

“Hari ini kita lakukan pemantauan di pasar hewan. Kita ajak warga agar selalu waspada terhadap PMK. Selain itu juga kita lakukan penyemprotan disinfektan,” kata Kapolsek.

Kapolsek menambahkan kegiatan ini akan rutin dilakukan oleh petugas gabungan di kecamatan Bumiayu dan ia berpesan agar warga tidak panik.

“Yang utama adalah selalu jaga kebersihan hewan dan kandang. Jika ditemukan ada hal yang mencurigakan segera laporkan,” tambahnya.

Sementara itu drh. Irkham dari Dinas Peternakan Kab. Brebes mengatakan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk intensif melakukan langka – Langkah penanganan PMK dengan sosialisasi menjaga kesehatan dan kebersihan hewan.

“Dari hasil pemeriksaan dilapangan ditemukan 7 ( tujuh ) ekor hewan ternak sapi yang terindikasi suspect PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) pengiriman dari daerah Banyumas, Pemalang, Banjarnegara, Bumijawa dan Slawi Kab. Tegal, Selanjutnya hewan ternak sapi yang terindikasi suspect PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) tersebut dikembalikan kepada pemiliknya untuk dikarantina dan diobai,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Rakor Pengamanan Arus Balik Idul Fitri, Kakorlantas:Stamina Pengemudi Menjadi Yang Utama
Dirgakkum Nyatakan Pelanggar Lalu Lintas Arus Mudik Menurun
Kendaraan dari Arah Batang menuju Jakarta Masih di Bawah Parameter, Korlantas Polri Tunda Rekayasa Lalin One Way
One Way Tol Kalikangkung-Cipali Resmi Ditunda
One Way Tol Kalikangkung-Cipali Resmi Ditunda
Korlantas Akan Tambah Reflector dan Siagakan Petugas di Contraflow Saat Arus Balik Balik
Ganjil Genap Arus Mudik Dimulai Besok, Polri Tegaskan Telah Masif Sosialisasi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Wujudkan Kamtibmas Aman dan Kondusif, Sat Samapta Polres Tulungagung Gelar Patroli Presisi
Personel Pos Yan Gemah Lakukan Pengamanan dan Bantu Penyeberangan didepan Pintu Masuk Pantai
Dokkes Polres Tulang Bawang Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Petugas dan Pemudik
Polsek Perdagangan Amankan Proses Angkutan Lebaran di Stasiun KA Perlanaan
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Satgasus Kriminal Ringkus Pelaku Curi 2 Dua Ekor Sapi di Way Kanan
Berikan Rasa Aman dan Nyaman Libur Lebaran, Personil Ditpamobvit Polda Lampung Lakukan Patroli di Pantai
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor