[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Malang Intensifkan Upaya Pencegahan Bullying kepada Pelajar 

 

 

MALANG – Polres Malang terus menggalakan upaya pencegahan bullying di Kabupaten Malang dengan melibatkan masyarakat dan institusi pendidikan. Seperti yang dilakukan Polsek Gondanglegi dengan melakukan sosialisasi anti-bullying di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Mambaul Jadid, Desa Urek-urek, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (16/12/2023).

 

Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bahaya dan dampak bullying. Dalam sesi sosialisasi yang berlangsung interaktif, petugas kepolisian menjelaskan secara rinci tentang tindakan bullying, baik secara fisik maupun verbal, serta potensi dampak negatifnya terhadap kesejahteraan psikologis korban.

 

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, terutama di lingkungan pendidikan. Bullying bukan hanya masalah sekolah, tetapi juga masalah sosial yang perlu ditangani bersama-sama,” kata Ipda Adnan saat dikonfirmasi di Polres Malang, Minggu (17/12).

 

Kasihumas menambahkan, dalam setiap paparan yang diberikan, pihaknya juga memberikan tips dan strategi kepada siswa Mts Mambaul Jadid tentang bagaimana mencegah terjadinya bullying. Petugas kepolisian menekankan pentingnya peran aktif siswa dan guru dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan bebas dari intimidasi.

 

Selain itu, lanjutnya, personel juga memberikan informasi tentang cara mengatasi bullying jika sudah terjadi. Ia menyoroti pentingnya melaporkan kejadian bullying kepada pihak sekolah atau kepolisian agar dapat segera ditangani dengan tindakan hukum yang sesuai.

 

“Tindakan pencegahan lebih efektif daripada penanganan setelah terjadi bullying. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk saling menjaga dan menghormati satu sama lain,” tambahnya.

 

Ipda Adnan menyebut, sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari para siswa dan tenaga pendidik di Mts Mambaul Jadid. Mereka menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman dari ancaman bullying.

 

Polres Malang, melalui kegiatan sosialisasi ini, berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang bebas dari tindakan bullying. Upaya preventif ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju masyarakat yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan sesama.

 

“Upaya pencegahan bullying bukan hanya menjadi tugas sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan generasi yang tangguh dan berdaya,” pungkasnya. (u-hmsresma)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kementan Gandeng Polri Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolri: Kita Wujudkan Swasembada Pangan
Jelang Ops Amole 2024, SSDM Polri Beri Bekal Psikologis ke Korps Brimob
Korlantas Polri Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polda Bali Siap Sukseskan KTT World Water Forum 2024
Kapolri : Muhammadiyah Selalu Ingatkan Untuk Menjaga Persatuan Bangsa
Diikuti 136 Negara, Kadivhubinter Polri Hadiri Konferensi INTERPOL
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Tersangka Residivis Ditangkap atas Kasus Pencurian dengan Kekerasan di Palembang
Polsek Sukun Tingkatkan Harkamtibmas Melalui Kegiatan Monitoring dan Halal Bihalal
Kapolsek Mapanget Berikan Penghargaan kepada Lima Personel Berprestasi
Polsek Lowokwaru Minimalisir Gangguan Kamtibmas dengan Mediasi Pemcegahan Sejak Dini
Tanam Pohon Ganja, Pelaku Ditangkap oleh Satres Narkoba Polres Bintan
Ciptakan Suasana Kondusif Pasca Lebaran, Polres Probolinggo Gelar Patroli KRYD
Lihat Semua
WordPress Lightbox