Beranda 91 Orang Warga Kalijambe Sragen Alami Gejala Keracunan, Seperti Ini Ceritanya…

91 Orang Warga Kalijambe Sragen Alami Gejala Keracunan, Seperti Ini Ceritanya…

0
91 Orang Warga Kalijambe Sragen Alami Gejala Keracunan, Seperti Ini Ceritanya…

Version
Download 1
Total Views 54
Stock
File Size 1.04 MB
File Type unknown
Create Date 27 August 2018
Last Updated 27 August 2018
Download

tribratanews.polri.go.id, Sragen –  Puluhan warga Dukuh Kalioso Desa Jetis Karangpung Kecamatan Kalijambe Sragen mengalami keracunan. Keracunan diduga setelah sejumlah 91 orang warga ini memakan hidangan nasi gudangan berikut lauk pauk, pada acara gerak jalan memperingati HUT RI Minggu pagi yang di selenggarakan oleh ikatan muda mudi kalioso.

Kejadian ini kemudian dilaporkan warga kepada Polsek Kalijambe Polres Sragen Polda Jawa Tengah, pada hari Senin (27/8/2018). Kejadian diduga setelah warga menikmati hidangan nasi gudangan yang terdiri dari daun singkong, daun pepaya, bayam, kacang panjang dan kecambah yang disiapkan oleh ibu ibu warga Dukuh Kalioso.

 

Gudangan dan lauk pauk tersebut, menurut Kapolsek Kalijambe, dimasak beramai ramai di rumah warga bernama Riyadi, dan di bungkus menggunakan kertas minyak pada pukul 05.00 WIB, menjelang gerak jalan berlangsung.

 

Selain nasi gudangan, adapula lauk pauk pelengkap yakni telur rebus, tahu bacem, kerupuk rambak, buah semangka dan teh hangat. Setelah memakan beramai ramai, memang warga belum merasakan gejala apapun. Gejala keracunan seperti muntah, diare, pusing, panas, dan perut mual, baru dirasakan sebagian warga setelah pukul 01.00 Wib dini hari.

 

Keesokan harinya para korban ini kemudian memeriksakan dirinya ke puskesmas dan seumlah klinik lainnya. Sementara data yang dihimpun Polsek Kalijambe, sejumlah 23 warga kini masih di rawat di puskesmas Kalijambe, 7 orang di RSUD Gemolong, 29 orang di rawat jalan, dan 32 orang lainnya di rawat di sejumlah klinik bidan di seputaran Kalijambe dan Gemolong Sragen, dengan total korban keseluruhan hingga sebanyak 91 orang.

 

Dari kejadian ini, Kapolsek AKP Marsidi bersama sama dinas terkait selanjutnya mengambil sample sisa makanan gudangan berikut lauk pauk  dari lokasi kejadian, untuk di lakukan pemeriksaan uji laboratorium. Selain itu, Kapolsek juga telah meminta keterangan dari sejumlah warga yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan acara tersebut.

 

(Humas Polres Sragen)