Kapolresta Malang Kota: Polri Wajib Membantu Korban Bencana Alam

  • Version
  • Download 0
  • File Size 2.02 MB
  • File Count 1
  • Create Date 27 Oktober 2021
  • Last Updated 27 Oktober 2021

Kapolresta Malang Kota: Polri Wajib Membantu Korban Bencana Alam

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K,M.Si bersama Forpimda Kota Malang gelar Apel Pasukan Antisipasi Bencana Alam dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kota Malang tahun 2021, bertempat di Balaikota Malang,Senin (25/10/2021).

Apel Pasukan Antisipasi Bencana Alam yang diikuti Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang dinilai Wali Kota Malang Sutiaji sebagai pemimpin apel memberikan apresiasi karena selama ini turut berkontribusi dalam mengantisipasi bencana alam di Kota Malang.

Sehubungan digelarnya Apel Pasukan Antisipasi Bencana Alam  sebagai Kapolresta Malang Kota AKBP Budi mengatakan,selama ini Polri khususnya Polresta Malang Kota selalu membantu penanganan bencana alam khususnya di wilayah Malang Kota.

“Perlu diketahui kepolisian Republik Indonesia tidak hanya bertugas melindungi keselamatan , jiwa raga, harta benda masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban, “ tandasnya.

Dalam penanganan bencana alam, lanjutnya,  Polri wajib turun membantu masyarakat korban bencana alam. Termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

Lanjutnya,dikerahkannya personel TNI-Polri untuk membantu warga merupakan wujud implementasi bahwa Negara hadir di saat warganya membutuhkan bantuan,” terangnya.

Tujuan digelarnya kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi bencana alam di Kota Malang yang dapat terjadi kapan saja  serta sebagai gerak langkah kontinjensi bencana untuk menyusun skenario penanganan darurat.

Dalam penanganan bencana pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan harus melibatkan unsur terkait, serta seluruh masyarakat. Oleh karena diperlukan partisipasi semua pihak dan stake holder yang saling bersinergi dalam mengantisipasi serta menghadapi bencana alam.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Malang Kota bersama Forkopimda Kota Malang lainnya ikut menonton simulasi peragaan penanganan bencana alam oleh Tim SAR, serta melakukan pengecekan alat bantu penanganan bencana alam, Ranmor dan dapur umum. Polresta Malang Kota selalu siap untuk membantu pengamanan serta ikut siaga dalam menghadapi bencana alam Kota Malang.