Kapolri pimpin upacara Puncak HUT ke – 70 POLAIRUD secara Virtual digedung RP Soedarsono

  • Version
  • Download 0
  • File Size 1.33 MB
  • File Count 1
  • Create Date 1 Desember 2020
  • Last Updated 8 Desember 2020

Kapolri pimpin upacara Puncak HUT ke - 70 POLAIRUD secara Virtual digedung RP Soedarsono

 

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri)  Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. didampingi oleh Pejabat Utama  Mabes Polri. menjadi inspektur Upacara (Irup)  HUT ke- 70 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) yang dilaksanakan secara Virtual Selasa (01/12/2020).

Di Mako Korpolairud Baharkam Polri sebagai pusat acara digelar dihadiri oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H.,M.H., Ditpolair Korpolairud Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih S.I.K., M.Si., Dirpoludara Korpolairud Brigjen Pol Drs. Sumego Adie S.,M.M, Pejabat Utama Korpolairud, Pejabat Utama Ditpolair Korpolairud dan Pejabat Utama Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Sedangkan Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Verdianto I Bitticaca. M.Hum., mengikuti upacara HUT ke 70 Polairud secara virtual dari Ditpolairud Polda Papua karena sedang bertugas disana. Upacara Virtual tersebut juga diikuti oleh   Ditpolairud Polda Seluruh Indonesia dan seluruh Kapal Polisi yang bertugas di wilayah Perairan Indonesia.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Airud, dilanjutkan Mengheningkan cipta yang dipimpin Kapolri selaku Inspektur Upacara, pengucapan Tribrata dan di akhiri Amanat Inspektur Upacara

Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan apresiasi terhadap beberapa upaya jajaran  Korpolairud selama tahun 2020 ini, antara lain yaitu peningkatan pelayanan publik dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan, berupa penanaman benih mangrove dan tebar benih ikan, yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, terlebih di tengah situasi pandemi Covid -19 ini, ujar Kapolri

"Jajaran Korpolairud juga telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana di laut sebanyak 617 kasus dan menyelamatkan keuangan Negara dengan nilai total kurang lebih 256 milyar rupiah, Selain beberapa keberhasilan yang telah dicapai Korpolairud juga telah mendapat tambahan alat utama berupa 2 unit Kapal Patroli dan 11 unit Helikopter jenis AW, jelasnya

"Saya berharap dalam menghadapi agenda Nasional kedepan, yaitu pilkada serentak tahun 2020, jajaran Korpolairud mampu mendukung pengamanan dalam pendistribusian kotak suara, dan pergeseran pasukan di wilayah kepulauan yang tidak terjangkau oleh transportasi darat. Saya perintahkan untuk melaksanakan pengamanan pengamanan dengan Profesional serta senantiasa menjaga netralitas" tegas Kapolri

"Sebelum mengakhiri amanat ini saya akan menyampaikan beberapa hal yaitu: Tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan mempedomani nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Praseta. Banggalah sebagai anggota Korpolairud, hindari penyimpangan-penyimpangan, budaya koruptif, dan penyalahgunaan wewenang yang dapat merusak citra Korpolairud maupun citra Polri.
Mantapkan konsoliditas internal dan perkuat sinergitas dengan personel TNI di semua kegiatan. Tingkatkan juga kuantitas dan kualitas kemitraan khususnya masyarakat pesisir di sekitar kepulauan", tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan peresmian dua kapal patroli baru. Kedua kapal tersebut diresmikan oleh Kabaharkam Polri

Selesai peresmian kapal dilanjutkan dengan acara ramah tamah di gedung RP Sudarsono dalam acara ramah tamah tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan oleh Kabaharkam Polri kepada :
1. Kompol Suryanto, S.ST., M.Mar. E., M.M., (P. S Kasi Bintibluh Subdit Binmas Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri) yang berhasil sebagai konseptor proposal inovasi Quick Response pencegahan pencurian di atas kapal pada area kapal berlabuh dan meraih juara nasional Top 45 dalam lomba kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2020.

2.Ipda Julius Marlon Gawe, S. Tr. K. Komandan KP. Anismadu - 3009 Yang telah berhasil dalam melaksanakan tugas penegakan hukum terhadap tindak pidana narkotika pada tanggal 1 september 2020 dengan barang bukti kurang lebih sebanyak 5,925 gram.

3. Kompol Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim yang telah berhasil melaksanakan penegakan hukum pencurian di atas kapal,  menangkap sabu sebanyak 6 kg, dan penanganan ilegal logging 700 M3.

4. Kompol Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kalsel yang telah berhasil melaksanakan penegakkan hukum terhadap TP penyalahgunaan BBM jenis solar sebanyak 18.300 liter di wilayah kalimantan pada tanggal 25 agustus 2020

5. Bripka Mugiono, S.H., M.Si. Dan KP. Type C V-1027 Ditpolairud Polda Sumsel yang telah berhasil menyiapkan ambulans terapung "dulur kito" untuk masyarakat desa upang jaya dan sekitar kabupaten banyuasin palembang.

Dalam acara ramah tamah juga dilaksanakan penyerahan piagam rekor MURI oleh Senior Manager MURI, Jusuf Ngadri dan diterima Kakorpolairud Baharkam Polri yang diwakili oleh Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih S.I.K., M.Si.

Rangkain HUT ke-70 Polairud tetap dilaksanakan dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

 

Sumber: PID KORPOLAIRUD BAHARKAM POLRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *