Beranda Kapolsek Muara Lakitan Bersama Lurah dan Anggota Koramil Hentikan Pesta Malam

Kapolsek Muara Lakitan Bersama Lurah dan Anggota Koramil Hentikan Pesta Malam

0
Kapolsek Muara Lakitan Bersama Lurah dan Anggota Koramil Hentikan Pesta Malam

Version
Download 0
Total Views 4
Stock
File Size 1.38 MB
File Type unknown
Create Date 16 January 2019
Last Updated 16 January 2019
Download

Musi Rawas, Sumsel - Kapolsek Muara Lakitan IPTU M. Romi bersama Lurah Muara Lakitan Ibu Susanti, SP dan Anggota Koramil langsung mengambil alih acara dan menghentikan acara pesta malam tersebut sesuai pembatasan waktu yg sudah diputuskan dan disepakati oleh Pemerintahan Kelurahan, Sabtu (12/01).

Menindak lanjuti keluhan dari toga, tomas dan toga yang mana pelaksanaan pesta malam khususnya di Kelurahan Muara Lakitan berlangsung sampai menjelang pagi kemudian Lurah Kelurahan Muara Lakitan Ibu Susanti,S.P berkoordinasi dengan unsur Tripika Kec. Muara Lakitan.

Kemudian Lurah Kel. Muara Lakitan bersama unsur Tripika Kec.Muara Lakitan serta tomas, toga dan todat yang ada di Kelurahan Muara Lakitan melaksanakan musyawarah tentang pembatasan pesta malam di Kel.Muara Lakitan.

Dari musyawarah tersebut unsur Tripika sangat mendukung gagasan dari Lurah dan disambut positif oleh tomas, toga dan todat yg hadir pada acara rapat musyawarah tersebut.

Selanjutnya Lurah Kel.Muara Lakitan Ibu Susanti,S.P mengeluarkan Surat Edaran tentang pembatasan Pesta Malam yang mana mengingat masih adanya di kelurahan sebagai adat "Sumbangsih".

Maka adanya kebijakan suatu kearifan lokal mengingat masih adanya adat "Sumbangsih" tersebut maka pembatasan pesta malam dihentikan setelah pelaksanaan acara Sumbangsih.

Kapolsek IPTU M. Romi bersama ibu Lurah dan Anggota Koramil mensosialisasikan pembatasan pesta malam dengan cara jika ada warga masyarakat yang mengadakan pesta malam, kami menghadiri undangan yang punya hajat.

Sesuai dengan kesepakatan yang telah dimusyawarahkan setelah selesai acara sumbagsih tidak ada lagi acara tambahan atau mengadakan acara bebas.

Seperti yang telah kami lakukan pada hari Sabtu tanggal 12 Januari 2019 selesai pelaksanaan acara sumbangsih langsung mengambil alih acara dan menghentikan acara pesta malam tersebut sesuai pembatasan waktu yang sudah diputusk ean dan disepakati oleh Pemerintahan Kelurahan.

Kemudian Kapolsek menjelaskan kepada kami dari pelaksanaan penghentian pembatasan waktu pesta malam tersebut memang ada sekelompok warga yang masih menolak pesta malam tersebut dihentikan yang mana mungkin kebiasan selama ini mereka merasa bebas melaksanakan pesta malam sampai menjelang pagi.

Namun sekarang dibatasi mengingat sangat mengganggu harkamtibmas dan sangat merusak para muda mudi sebagai generasi penerus bangsa yang mana pelaksanaan pesta malam tersebut terindikasi adanya hal-hal yang negatif.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, SIK saat dikonfirmasi oleh kami, sanggat mengapresiasi kinerja Lurah Kelurahan Mura Lakitan yang telah bekerja bersama-sama dengan Kapolsek Muara Lakitan, Anggota Koramil, Toga, Todat dan Tomas yang membatasi pesta malam.

Semoga kegiatan ini dapat dicontoh oleh Desa atau kelurahan lain yang masih mengadakan pesta malam di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Muratara untuk membuat peraturan pembatasan pesta malam.

Karena pelaksanaan pesta malam tersebut banyaklah ruginya daripada manfaatnya, tutur Kapolres.